Jum'at, 15 November 2019

Hari Ini Batas Waktu Tetty Gelar Rolling di Minsel

Pengemanan : Besok Inchumbent Dilarang Gelar Rolling

Minsel

Rolling pejabat waktu lalu

AMURANG, (manadoterkini.com)-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan dilakukan secara serentak pada tanggal 9 Desember 2015 mendatang, sama halnya dengan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Mengingat petahana atau Incumbent akan maju kembali pada pertarungan sebagai calon Bupati untuk periode 2015 – 2020.

Hanya saja berdasarkan aturan Undang Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada atas perubahan UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pilkada Pasal 71 ayat 2 menyebutkan, Petahana atau imcumbent yang akan maju kembali pada pesta demokrasi ini dilarang melakukan penggantian pejabat enam (6) bulan sebelum masa jabatannya berakhir.

“Artinya petahana yang akan mencalonkan diri kembali tidak diperbolehkan melakukan rolling bagi pejabat enam bulan sebelum masa jabatannya berakhir,” ujar Ketua KPUD Minsel DR Fanley Pangemanan S.Sos MSi kepada manadoterkini.com.

Menurut Pangemanan, dalam UU tersebut juga pada ayat 4 disebutkan akan memberikan sanksi tegas. Dalam hal petahana melakukan hal sebagaimana dimaksud pada ayat 2, petahana dikenai sanksi pembatalan sebagai calon oleh KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota.

“Aturan ini berlaku sebelum enam bulan inchumbent berakhir, sanksinya pun tegas yakni pembatalan sebagai salah satu kandidat calon,” tandasnya.

Makanya, mengatakan kalau Sabtu (13/6) hari ini merupakan batas akhir, jika petahana ingin melakukan rolling bagi pejabat yang ada di Minsel.

Diketahui, pada pesta Demokrasi ini, Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE atau calon petahana pada setiap kesempatan menyatakan dirinya siap mencalonkan diri kembali untuk periode 2015 – 2020. Dan jabatannya sebagai bupati Minsel akan berakhir pada 14 Desember 2015 mendatang, jika dihitung enam bulan sebelum pilkada, maka pada 13 Juni 2015 ini merupakan hari terakhir atau kesempatan jika Bupati Minsel akan melakukan rolling bagi pejabat yang ada di Minsel.

“Jika lewat hari ini, Bupati sudah tidak bisa lagi melakukan rolling bagi pejabat yang ada di jajarannya,” ujar Carter Lumantow SH MH selaku tokoh muda Minsel ini.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*