Kamis, 21 November 2019

40 Persen Dana Desa di Minsel Siap Dicairkan

AMURANG, (manadoterkini.com)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) dalam waktu dekat ini akan segera menyalurkan dana yang diperuntukan bagi seluruh desa yang ada di 17 Kecamatan yang ada di Minsel.

Pasalnya, Peraturan Bupati (Perbup) yang merupakan salah sartu persyaratan sudah diterima Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

“Perbup sudah diterima oleh pihak Kementerian, sehingga dalam waktu dekat ini 40 persen dana desa akan segera masuk ke rekening daerah,” ungkap Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Minsel Drs Benny Lumingkewas kepada manadoterkini.com.

Menurutnya, total dana desa yang diterima Pemerintah Daerah Minsel tahun 2015 sebanyak Rp 40 Miliar lebih. Hanya saja, pada tahap pertama baru 40 persen dari total anggaran yang akan diterima untuk diteruskan ke desa-desa. Karena proses pencairanya akan dilakukan dalam tiga tahap yakni pencairan 40 persen, kemudian 40 persen lagi dan yang terakhir pencairan anggaran sebesar 20 persen.

“Para Hukum tua (Kumtua) juga sudah mulai melakukan pengurusan berbagai persyaratan untuk penerimaan dana ini. Untuk jumlah yang akan dicarikan dalam setiap desa juga bervariasi sesuai dengan persyaratan antara lain luas wilayah dan jumlah penduduk,” jelas mantan Kabag Humas Pemkab dan Sekertaris KPUD Minsel ini.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*