Rabu, 13 November 2019

Nyanyikan Lagu “Opa Wananatase”, Masyarakat Adat Minahasa juga Tolak Transmigrasi di Sulut

DPRD Manado

Demo Masyarakat Adat Minahasa

MANADO (manadoterkini.com) – Ada hal yang menarik dalam aksi demo Masyarakat Adat Minahasa di Gedung DPRD Manado, yakni dikumandangkannya lagu khas Minahasa “Opo Wananatase” yang dinyanyikan oleh seluruh peserta demo, saat melakukan aksi demo Senin (15/6).

Kepada wakil rakyat di DPRD Manado, usai menyampaikan aspirasi 3 tuntutannya yakni Kembalikan fungsi lahan ex kampung texas sebagai taman wisata religi, Percepat pembangunan taman wisata religi, dan bongkar bangunan yang tidak sesuai peruntukan dilahan kampung texas. Pendemo juga menolak program pemerintah tentang Transmigrasi.

“Kami akan memberikan tuntutan lainnya kepada anggota DPRD Manado yakni menolak datangkan transmigrasi dari luar Sulut, torang jangan jadi tamu di daerah kita sendiri,” ujar Willem Sigar Kumaunang sembari menambahkan akan mendirikan lembaga adat di Sulawesi Utara.

Senada dengan Kumaunang, Pdt Middle Onibala menegaskan bahwa mereka intinya akan berjuang untuk kepentingan rakyat di Tanah Toar Lumimuut. “Kami juga menolak hadirnya ISIS di Manado, paham radikalisme, dan akan membuat pembentukkan Dewan Adat,” ujar Onibala.

Dalam aksi di DPRD Kota Manado, Masyarakat Adat Minahasa di terima langsung oleh Revani Parasan, Hengky Kawalo, Benny Parasan dan Roy Maramis. Sementara itu aksi ini terlihat tertib dan lancar meskipun terjadi perdebatan sengit dari pendemo dan DPRD juga dalam pengawalan kepolisian Polresta Manado.(chris)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*