Jum'at, 6 Desember 2019

Resmi Ditutup, Calon Bupati Lewat Jalur Independen di Minsel Nihil

AMURANG, (manadoterkini.com)- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Senin (15/6) sore tadi sekitar Pukul 16.00 WITA telah menutup pendaftaran calon melalui jalur independent atau perseorangan untuk calon Bupati dan Wakil Bupati.

Pasalnya, hingga penutupan pendaftaran dari KPUD Minsel ini tidak ada satu pun calon yang mendaftarkan diri. “Sudah kita tetapkan, pendaftaran calon melalui jalur independen untuk calon bupati dan wakil bupati Minsel telah kita tutup pada pukul 16 : 00 WITA sore tadi. Hanya saja tidak ada yang mendaftar,” ujar Ketua KPUD Minsel DR Fanley Pangemanan S.Sos MSi kepada manadoterkini.com.

Menurut Pangemanan, sesuai tahapan, pengumuman pendaftaran calon independen ini sudah disampaikan kepada publik melalui media sejak bulan Mei 2015 lalu. Panegemanan juga mengaku kalau ada sejumlah orang ada yang mengambil formulir. Namun, hingga batas waktu yang telah ditentukan, tidak ada yang mengembalikan.

Lanjut Pangemanan mengatakan ada juga beberapa orang yang konsultasi dengannya. Mereka mengaku persyaratan cukup berat.

Syarat pendaftaran calon independen, sesuai dengan peraturan KPU, adalah warga negara Indonesia yang berusia di atas 17 tahun, harus menunjukkan jumlah fotokopi KTP sebagai syarat dukungan, dan dibuktikan dengan tanda tangan basah dukungan dari pemilik KTP. “Untuk maju di pemilihan Bupati, KTP yang harus dikumpulkan untuk syarat dukungan harus 10 persen dari jumlah pemilih,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*