Kamis, 14 November 2019

KPUD Minsel Nyatakan Pilkada Minsel Tanpa Calon Independen

Fanley Pengemanan

Fanley Pengemanan

AMURANG, (manadoterkini.com)-Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) DR Fanley Pangemanan S.Sos MSi menyatakan, tidak ada pendaftar bakal calon Bupati dan wakil bupati lewat jalur perseorangan pada Pilkada Minsel.

Dia juga memastikan, semua bakal calon akan mendaftar lewat jalur partai politik (parpol). “Sesuai tahapan pemilihan kepala daerah serentak, KPUD Minsel telah memberikan kesempatan kepada bakal calon dengan membuka pendaftaran untuk jalur independen sejak Kamis (11/6) hingga Senin (15/6) kemarin. Hanya saja tidak satu pun yang mendaftarkan diri dari perseorangan,” kata Pangemanan kepada manadoterkini.com pada Selasa (16/6) diruang kerjanya.

Dia menjelaskan, sebenarnya persyaratan untuk maju melalui jalur perseorangan tidak terlalu berat jika dibandingkan dengan menggunakan partai politik. Pasangan calon perseorangan hanya perlu mencari dukungan paling sedikit 10 persen dari jumlah penduduk yang memenuhi syarat sebagai pemilih.

Dukungan tersebut cukup dibuktikan dengan pengisian formulir surat dukungan yang ditandatangani di atas materai dan melampirkan foto kopi KTP pendukung. “Jadi sangat disayangkan sekali tidak satu pun bakal calon yang mendaftarkan diri melalui jalur independen,” ujarnya.

KPUD Minsel sendiri akan melanjutkan tahapan berikutnya, yakni pendaftaran bakal calon yang akan maju dengan mempergunakan jalur parpol. Pendaftaran lewat jalur itu akan dibuka selama tiga hari, yakni sejak 26 hingga 28 Juli 2015 mendatang.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*