Rabu, 20 November 2019

Stok Bapok Jelang Puasa di Manado Aman

Walikota saat melakukan sidak waktu lalu

Sidak Walikota Manado GS Vicky Lumentut di pasar Karombasan belum lama ini

MANADO, (manadoterkini.com) – Kebutuhan bahan pokok menjelang puasa memang menjadi perhatian banyak kalangan. Menindaklanjuti hal tersebut, wartawan manadoterkini.com, Selasa (16/6) memantau langsung kondisi bahan pokok (Bapok) di Pasar Karombasan dan Pasar Bersehati, yang menjadi kebutuhan warga menghadapi bulan ramadhan.

Dimana untuk kebutuhan pokok di dua pasar tradisional besar di Kota Manado masih relatif aman terkendali alias masih wajar. “Khusus untuk harga komoditas pangan pada puasa dan lebaran tahun lalu mengalami kenaikan signifikan, namun kini justru cenderung stabil karena banyaknya pasokan dari sentra produksi dan status ekonomi melemah,”ungkap Udin salah satu pedagang.

Beberapa komoditas seperti cabe merah keriting, cabe merah besar, dan cabe rawit merah harganya berkisar antara Rp 40 ribu per kg. Sedangkan harga bawang merah dan bawang putih juga terpantau stabil namun untuk bawang merah mengalami penurunan dari Rp 40 ribu turun Rp 34 ribu, bawang putih normal Rp 28 ribu per kg.

Diantara kebutuhan pokok tersebut, justru harga tomat yang mengalami kenaikkan.”Mulai akhir pekan kemarin harga tomat yang sebelumnya Rp 6 ribu, sekarang naik Rp 10 ribu karena stok tomat datangnya dari Minahasa dan kebetulan kemarin Minggu (14/6) salah satu di daerah Minahasa berpengucapan syukur jadi agak kurang karena warga sibuk dengan acara tersebut,”terang Lukman pedagang Barito.

Demikian pula untuk komoditas lainnya seperti beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, harga relatif stabil. “Permintaan kami (warga-red) menjelang puasa dan lebaran nanti tentu banyak kebutuhan keluarga yang harus dipenuhi. Pasti tidak menutup kemungkinan akan terjadi kenaikan harga jelang lebaran, kami harapkan kenaikan harga masih dalam batas normal,”ungkap pedagang dan pengunjung pasar. (mlz)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*