Jum'at, 15 November 2019

MUI Minsel Minta Umat Islam Sambut Ramadhan Dengan Hati Bersih

AMURANG, (manadoterkini.com)-Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Minahasa Selatan Izaq Achmad mengimbau kepada masyarakat, khususnya umat Islam agar menyambut bulan suci Ramadhan dengan hati bersih.

Dia mengatakan saatnya semua pihak menjaga kehidupan yang damai, tentram dan penuh ketenangan. Karena itu jauhkan konflik, kekerasan, tawuran antar warga satukan gerak dan langkah untuk membangun negeri dengan menjaga suasana kedamaian dan persaudaraan serta menghindari tindakan yang destruktif memancing retaknya persatuan dan kesatuan bangsa.

“Mari sama-sama jaga keamanan antar warga. Mari jaga ketenangan bersama demi bulan suci Ramadhan ini,” kata Achmad pada manadoterkini.com Rabu (16/6) siang tadi.

Achmad menegaskan, MUI menolak aksi sweeping dan semacamnya yang kerap dilakukan oleh sejumlah organisasi kemasyarakatan saat bulan suci ramadhan. “Kami minta tidak ada lagi aksi sweeping maupun semacamnya,” tegasnya.

Ia menilai tindakan itu justru mengurangi makna kedamaian Ramadhan dan juga masyarakat kini sudah memiliki kesadaran sendiri untuk menghormati Ramadhan. “Saya rasa kedewasaan umat Islam dari hari ke hari semakin baik, sehingga tidak perlu ada kekerasan. Bangun toleransi dan persaudaraan,” katanya.

Menurutnya, antisipasi keamanan jelang Ramadhan merupakan kewajiban pihak kepolisian, sehingga hanya kepolisian yang dapat melakukan itu. Oleh karena itu, ia mengatakan akan mengambil tindakan tegas apabila diketahui ada ormas yang melakukan sweeping menjelang atau selama Ramadhan.

“Ormas sama sekali tidak ada urusannya dengan antisipasi keamanan. Mereka tidak boleh main sendiri seperti itu. Kalau ada yang berbuat seperti itu, kami pasti akan ambil tindakan tegas,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan pihaknya telah menjalin koordinasi dengan aparat keamanan, baik Polres Minsel maupun TNI untuk menjaga keamanan selama bulan puasa. “Untuk antisipasi, kami sangat mengandalkan aparat-aparat keamanan, dari Polres Minsel maupun TNI,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*