Jum'at, 6 Desember 2019

KPUD Minsel Matangkan Persiapan Pilgub dan Pilbup

AMURANG, (manadoterkini.com)-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) terus memantapkan diri guna mengsukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Guberunur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut) dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Minsel) yang akan dilaksanakan secara serentak pada 9 Desember 2015 mendatang. Salah satu persiapan yang dilalukan adalah pendataan calon pemilih.

Dikatakan Ketua KPUD Minsel DR Fanley Pangemanan S.Sos MSi, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI sudah menyerahkan DP4 ke KPU RI.

Setelah itu, sebagaimana tahapan Pilkada Serentak Tahun 2015 yang tertuang dalam PKPU Nomor 2/2015, KPU menyusun Daftar Pemilih Tetap (DPT) di daerah-daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 mendatang dengan diawali tahapan analisis DP4.

“Setelah dianalisis, DP4 disinkronkan dengan DPT Pemilu 2014 yang hasilnya diumumkan pada 24 Juni 2015. Selanjutnya KPU RI mengirimkannya semua KPU Kabupaten/Kota, hingga ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), yang akan mengelar Pilkada,” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam regulasi sudah jelas bahwa nantinya PPDP bersama PPS akan melakukan proses pemutakhiran data dan daftar pemilih, dengan memperhitungkan penambahan dan pengurangan jumlah pemilih sesuai dengan kondisi aktual yang ada di lapangan.

“Proses ini akan berlangsung lama, dan PPS mengumumkan DPT, 12 Oktober 2015 mendatang,” jelasnya.

Menurut Dia juga mengatakan, sebenarnya banyak hal yang membuat DPT bertambah atau berkurang. “Salah satu contoh, warga yang pindah sehingga harus dikeluarkan dari data dan menyebabkan DPT berkurang. Bisa juga bertambah karena ada warga dari luar daerah yang pindah ke sini dan sudah tercatat dalam data kependudukan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, berdasarkan PKPU Nomor 2/2015 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota, PPS akan melaksanakan rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat desa/kelurahan pada 26-28 September 2015.

Selanjutnya, rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat kecamatan dilaksanakan pada 29-30 September 2015. “Sedangkan rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat Kabupaten seperti Minsel untuk penetapan DPT akan dilaksanakan pada 1-2 Oktober 2015,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*