Rabu, 13 November 2019

Pemprov Sulut Bantu Korban Karangetan

SULUT, (manadoterkini.com) – Setelah mendapat informasi langsung di lapangan, Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang, langsung menugaskan Kadis Dinsos Prov Sulut Drs Star Wowor MS dan Kaban Bencana Prov. Sulut Ir Noldy Liow, untuk membantu korban dampak bencana lahar dingin Gunung Karangetan.

Kaban bencana dan Kadis Sosial bersama staf diterima Sekda Kab. Sitaro DR. Adri Manengkey, kemudian secara bersama-sama meninjai lokasi bencana dan tempat-tempat pengungsian.

Hasil di lapangan didapatkan untuk sementara jalur jalan ditutup, karena material dari lahar dingin yang menghantam beberapa rumah sebagai akibat hujan yang cukup lama dan deras.

Dengan masih dalam suasana musim yang sementara hujan telah diingatkan untuk sementara masyarakat di lokasi rawan bencana tidak berada di lokasi, tapi ditampung di tempat pengungsian.

Lokasi Pengungsian :

1. Museum 87 KK, 301 jiwa

2. Gereja Siloam 7 KK, 24 jiwa

3. Gereja Tampungan 21 Kk, 60 jiwa

Informasi menyebutkan ada 6 rumah sebelumnya kena awan panas, sehingga sudah mengungsi 1 bbulan 18 hari. Dan pada dampak lahar dingin rumah-rumah tersebut kena lahar dingin.

Pengungsi sekarang yang tertampung di Museum yaitu ;

Lansia 38, Dewasa 177, SMA 7, SMP 12, SD 36, TK 4, Balita 18, Bayi 19.

Jumlah seluruhnya pengungsi adalah 155 KK = 385 jiwa

Sebelumnya Pemprov Sulut lewat Dinas Sosial dan Badan Bencana telah memberi bantuan Buffer stock untuk waspada dampak aktivitas Gunung Karangetan.

Setiap daerah diberikan buffer stock oleh Pemprov Sulut lewat Dinas Sosial guna antisipasi adanya ancaman bencana alam atau bencana sosial.(alfa)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*