Rabu, 13 November 2019

Partisipasi Masyarakat Wujudkan Pilkada Berkualitas

Bawaslu SulutSULUT, (manadoterkini.com) – Pemilukada berkwalitas adalah pemilu yang damai, bersih, jujur dan berlangsung dengan baik, sesuai tahapannya, serta terbukti demokratis. Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda M.Pd usai memimpin rapat pimpinan Bawaslu Sulut untuk persiapan pelantikan anggota PPK dan PPS di beberapa Kabupaten/Kota yang akan dimulai dari Kota Bitung.

“Hal ini bisa terjadi asalkan masyarakat ikut serta berpartisipasi untuk mengawasi berlangsungnya pemilukada di Kabupaten/Kota masing-masing, serta pemilihan Gubernur Sulut nanti,”ungkap Malonda.

Selain itu, kata Malonda semua pun wajib diawasi, terutama panitia penyelenggara yakni PPK dan PPS.

Menurut Malonda, beberapa hal yang perlu disikapi masyarakat pemilih. Dimana Bawaslu meminta masyarakat untuk menginformasikan terkait proses dan hasil rekruitmen PPK dan PPS dengan materi pertanyaan sebagai berikut:

1. Apakah telah dilaksanakan seleksi? Atau hanya dilakukan pengangkatan dan pelantikan?

2. Apakah ada personil PPK dan PPS yang tidak memenuhi syarat ( usia/anggota Parpol).

3. Apakah ada personil PPK dan PPS yang mempunyai hubungan keluarga (suami, istri, ipar, anak, org tua, ) yang menjadi anggota Parpol atau tim sukses?

4. Apakah sekretariat PPK dan PPS dilantik oleh Bupati atau walikota?

5. Apakah ada Personil PPK dan PPS termasuk sekretariat yang wilayah kerjanya bermasalah pada saat Pemilu lalu?

“Terkait semua hal tersebut di atas, bila masyarakat menemukan kejanggalan, mohon agar segera menginformasikan kepada panwas,” pungkas Malonda.(redaksi)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*