Selasa, 12 November 2019

Seminggu Sekali, KMP Moinit Resmi Ambil Rute di Pelabuhan Amurang

minsel minsel

AMURANG, (manadoterkini.com)-Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE, Wakil Ketua DPRD Minsel Rommy Pondaag SH MH, Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi, beserta unsur Muspida, tidak bisa menyembunyikan kegembiraan saat melihat KMP Moinit bersandar di Pelabuhan Amurang Kelurahan Kawangkoan Bawah Kecamatan Amurang Barat.

Tidak hanya Bupati dan pejabat, ratusan warga Minsel juga tidak ingin melewatkan moment bersejarah tersebut. Warga dari berbagai usia, sejak pukul 09.00 WITA sudah memenuhi lokasi pelabuhan untuk menyaksikan kapal penumpang tersebut.

Prosesi penyambutan KMP Moinit di Pelabuhan Amurang ini diawali dengan sambutan selamat datang dilanjutkan dengan pengalungan sarung kepada Bupati Minsel dan Kapten KMP Moinit, serta General Manajer PT ASDP perwakilan Bitung. “Pelayaran KMP Moinit ini akan mengambil rute dari Amurang – Boroko – Toli-toli (sebulan sekali), Amurang – Pananaru (Seminggu Sekali), Amurang – Melongguane (seminggu sekali),” ujar Kepala Dinas Perhubungan Minsel Izak Rey saat memberikan sambutannya.

Menurutnya, meski uji coba pelayaran KMP Moinit menuju Pelabuhan Amurang tidak ada kendaladan berjalan sesuai yang diinginkan, namun pihaknya berharap agar jalur pelayaran tidak ada kegiatan nelayan.

“Dari laporan kapten kapal yang disampaikan kepada kami, bahwa kegiatan nelayan perlu diatur pada jalur kapal, baik ketika kapal tiba maupun saat berlayar menuju laut lepas. Sebab, keberadaan para nelayan dapat membahayakan sistem kapal itu sendiri,” paparnya.

KM moinit KM Moinit

Selain itu, tambahnya, untuk penetapan jalur pelayaran dan kedatangan kapal akan ditentukan tim survei dari Ditjen Perhubungan Laut bersama PT Pelindo dan PT Pelni Jakarta. “Dari hasil survei dan kedatangan kapal hari ini akan dilaporkan ke pusat. Puji Tuhan pada bulan Juli nanti, rute reguler untuk Pelabuhan Amurang sudah ditetapkan. Untuk sementara ini, tujuan Boroko – Toli toli – Amurang – Pananaru dan Amurang – Melongguane itu dua minggu sekali,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE menyambut baik serta mengapresiasi pihak PT ASDP yang telah membuka jalur di pelabuhan amurang. “Ini merupakan kembanggan kami, dengan masuknya KMP Moinit ini bisa membuka peluang bagi para petani untuk memasarkan hasil mereka diluar daerah,” ungkapnya sembari berharap jalin kerjasama yang baik antara pihak Pemkab dan PT ASDP serta PT Pelni bisa terus berlanjut demi Minsel Menuju Kabupaten terdepan.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*