Kamis, 14 November 2019

Hari Ini, KPUD Minsel Mulai Melakukan Pemutakhiran Data Pemilih

AMURANG, (manadoterkini.com)-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) meminta kepada calon pemilih Bupati dan wakil Bupati Minsel serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut aktif mengikuti setiap tahapan menjelang Pilkada. Keaktifan masyarakat bisa ditunjukkan dalam pemutakhiran data pemilih menjelang Pilkada yang akan digelar secara serentak pada 9 Desember 2015 mendatang.

“Mengingat mobilitas masyarakat yang cukup tinggi, sementara petugas kami terbatas. Kami berharap masyarakat bisa berperan aktif untuk melaporkan siapa saja di keluarganya yang sudah bisa memilih,” ujar Ketua KPUD Minsel DR Fanley Pangemanan S.Sos MSi kepada manadoterkini.com.

Ia mengakui kerawanan data ganda masih besar. Oleh karena itu, bantuan dan kerjasama dari masyarakat untuk menghilangkan hal tersebut cukup menentukan.

“Pemutakhiran data pemilih di Minsel akan kita lakukan Rabu (24/6) hari ini. Waktunya hingga 14 Juli yang diawali dengan penyampaian daftar pemilih hasil pemutakhiran Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4)dengan data Pemilu 2014 kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS),” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, hal-hal yang akan dilakukan pada proses pemutakhiran data diantaranya; membersihkan pemilih luar Kotamobagu, memperbaharui mutakhirkan data pemilih pemula, memperbaharui data yang tidak berhak memilih, membersihkan pemilih ganda, serta pemutahiran data pemilih berkebutuhan khusus.

“Dalam satu TPS ada satu petugas pemutakhiran data. KPUD juga telah menyosisalisasikan hal tersebut kepada PPS dan PPK,” pungkasnya.

Pangemanan memperkirakan bakal ada pemilih baru pada pelaksanaan Pilkada Tahun 2015 ini, baik itu yang baru berusia 17 tahun maupun pindahan.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*