Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Manado Miliki 6.471 Hektar RTH

×

Manado Miliki 6.471 Hektar RTH

Sebarkan artikel ini

MANADO, (manadoterkini.com)- Data Pemerintah Kota Manado menyebutkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang terdapat di kota ini seluas 6.471 Ha dan tersebar di 11 Kecamatan. Hal ini diungkapkan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs Rum Dj Usulu beberapa waktu lalu.

Selain itu RTH telah tertuang dalam PERDA No. 1 Tahun 2014 tentang RTRW Kota Manado. Selanjutnya, meski tersebar di 11 Kecamatan namun ada beberapa Kecamatan yang ketersediaan ruang terbukanya sangat kecil cintohnya Kecamatan Wenang. Diharapkan dapat ditetapkan lokasi-lokasi di tiap Kecamatan yang dapat digunakan oleh pemerintah untuk dijadikan RTH baik publik maupun privat.

Kepala Bappeda Peter Assa menyampaikan masterplan RTH Kota Manado yang akan disusun ini, untuk hasil pengukuran, fungsi, ketersediaan lokasi dan waktu pelaksanaannya harus dibuat matriks. Kepala Bappeda juga menyampaikan bahwa dalam penentuan batas wilayah RTH tidak hanya berdasarkan batas wilayah topologi tapi juga harus dikombinasikan dengan penggunaan batas wilayah ekosistem.

Sedangkan pelaksanaan kegiatan Masterplan Ruang Terbuka Hijau tahun 2015 ini untuk menghasilkan dokumen mengenai masterplan RTH dan penyusunan pedoman bagi pembangunan ruang terbuka hijau dikawasan perkotaan, melalui proses kajian pustaka dipadukan dengan pengalaman empiris di lapangan, sehingga buku dan pedoman yang dihasilkan dapat digunakan sebagai referensi atau acuan bersama bagi pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan RTH di kawasan perkotaan. (tim)