Jum'at, 15 November 2019

Pilkada Minsel, Tumbelaka : Banyak Pilihan Akan Lebih Baik

amurang

Taufik Tumbelaka

AMURANG, (manadoterkini.com) – Koalisi besar sementara dielus Partai Demokrat, Gerindra, PAN, NasDem dan Hanura, untuk menghadang dominasi pasangan Christiany Eugenia Paruntu (CEP) dan Franky Donny Wongkar (FDW) yang notabene Golkar dan PDIP, ditanggapi pengamat pemerintah dan politik Taufik Tumbelaka.

Menurutnya, kalau lebih dari dua pasangan akan lebih seru dan menarik bagi masyarakat. Karena masyarakat akan diperhadapkan dengan banyak pilihan. “Pilihan yang banyak bukan berarti tidak berkualitas. Pastinya, warga mendapat pengalaman berharga pada waktu Pilpres lalu. Jadi, bagi saya akan lebih baik tiga pasangan dan itu seruh bagi masyarakat,”kata Tumbelaka.

Pelaksanaan Pilpres yang hanya dua pasangan membuat masyarakat itu terkotak pada dua kubuh sehingga sangat terasa dampaknya. “Itu harusnya menjadi pelajaran berharga menghadapi Pilkada di Minsel, termasuk di daerah lain,”tutur Tumbelaka.

Disatu sisi, Tumbelaka menyesalkan tidak adanya figur yang mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan,  mengunakan jalur independent atau perseorangan. Padahal jalur tersebut sangat bagus untuk kendaraan mengikuti Pilkada. “Dengan tidak adanya calon yang mendaftar lewat jalur perseorangan atau independent sangat disayangkan,”tandasnya.

Diakuinya, Minsel memang agak terlambat bagi figur-figur menyatakan maju. Jadi dengan hanya dua calon memang menarik bagi partai politik, namun tidak demikian bagi masyarakat. “Dari segi Partai Politik memang bagi mereka itu seruh, namun masyarakat tidak. Karena secara otomatis pilihan calon ditentukan oleh partai, dan bisa saja pilihan partai tidak diinginkan rakyat,”ungkapnya.

Untuk diketahui belakangan incumbent yakni Tetty Paruntu bakal berpasangan dengan Franky Wongkar sedangkan Koalisi besar masih ada beberapa pilihan. Seperti halnya mantan Bupati Ramoy Luntungan, mantan Plt Bupati Gemmy Kawatu, mantan Wabup Ventje Tuela dan Wabup saat ini Sonny Tandayu. Bahkan ada nama lain seperti Robby Sombar, Andry Umboh.(tim)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*