Kamis, 21 November 2019

Sidak BPOM, Ada Beberapa Kue Memakai Pewarna Bahan Tekstil

MANADO, (manadoterkini.com) – Pengawasan terhadap bahan makanan mendekati hari raya Idul Fitri dan Bulan Puasa, terus mendapat perhatian dari Balai Besar Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM).

Berdasarkan hasil pengawasan kami sejak selasa tanggal 23 Juni sampai dengan hari jumat 25 Juni 2015. BPOM melakukan sidak dan pengujian dengan mobil laboratorium sebanyak 2 unit secara keseluruhan dibeberapa titik dikota Manado dan mendapatkan beberapa kue untuk berbuka puasa Tidak Memenuhi Syarat untuk dikonsumsi.

Adapun beberapa lokasi yang menjadi target operasi BBPOM dengan hasil sebagai berikut :

1. Paniki – Lapangan : 26 sampel. Semuanya Memenuhi Syarat (MS)

2. Mapanget : 15 sampel. Semuanya Semuanya Memenuhi Syarat (MS)

3. Boulevard : 26 sampel. Semuanya Semuanya Memenuhi Syarat (MS)

4. Malalayang : 24 sampel. Semuanya Semuanya Memenuhi Syarat (MS)

5. Perkamil – Malendeng : 28 sampel. Semuanya Semuanya Memenuhi Syarat (MS)

6. Banjer Tikala : 24 sampel . 1 sampel Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yaitu kue Kuk, positif mengandung Rhodamin B.

7. Kampung Ternate/Ketang Baru: 29 sampel. 3 sampel TMS positif mengandung Rhodamin B, yaitu Kolombeng (3 penjual), Apang Coe (1 penjual) dan Kue Kuk (1 penjual)

8. Kampung Islam Tuminting : 26 sampel. Semuanya Semuanya Memenuhi Syarat (MS).

Terhadap produk yang TMS ( positif mengandung Rhodamin B) dilakukan pengamanan dan pemusnahan dan telah dilakukan penelusuran kepada produsen/pembuat kuenya dan memang didapatkan kesemuanya mereka itu menggunakan pewarna yang dilarang ditambahkan ke dalam pangan yaitu jenis Sumbo Tulen Cap Ayam jago (yang hanya diperuntukkan untuk pewarna tekstil/pakaian dan tikar).

Semua produsen akan dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan di balai pom untuk menentukan perbuatan yang bersangkutan. Jika ditemukan kesengajaan maka akan dilakukan tindakan law enforchment sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu UU No.18 tahun 2012 tentang Pangan.

“Kami akan lanjutkan sidak ke kota Bitung dan Kotamobagu. Dalam rangka menjamin masyarakat mendapatkan produk obat dan makanan yang bermutu, aman dan berkhasiat” ujar Sukriadi Darma,S.Si,Apt. Kasie Pemeriksaan BBPOM di Manado. (Chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*