Senin, 19 Agustus 2019

AJI Manado: Media Harus Memberi Ruang Pada Publik Sebagai Pemegang Kedaulatan

MANADO, (manadoterkini.com) – Deklarasi dan pengukuhan Jurnalis Online Manado (JAROD) super meriah dan penuh kebersamaan. Selain deklarasi dan buka puasa juga dirangkaikan dengan Dialog Publik dengan tema Peran Media Online Menyambut Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Manado, Rabu (1/7).

Ketua AJI Manado¬†Yoseph Ikanubun menegaskan pentingnya media memiliki legalitas resmi seperti perusahaan media. “Banyak media tidak terdaftar dan memenuhi standar dan ketika terjadi permasalahan bisa masuk ke ranah pidana umum,” ujar Yoseph.

Wartawan harus secara teratur memberikan pemberitaan dan berhak memilih tempat bernaung dari wartawan tersebut. “Wartawan harus memiliki kompetensi, jangan hanya tukang ojek sudah menjadi wartawan,” Cetus Ikanubun.

Kedepan setiap wartawan akan terdaftar dan institusi berhak menolak jadi narasumber jika wartawan tersebut tidak terdaftar. “Media Online bertumbuh saat adanya internet, seiring munculnya internet maka bermunculan media online di Indonesia. Media merupakan pilar penyanggah demokrasi, sehingga pers bisa dikatakan pilar ke empat. Pers jangan mematahkan demokrasi tapi hadir untuk memberikan informasi dengan keterbukaan dan bisa dipercaya,” ujarnya.

Ditambahkan Ketua AJI bahwa media harus mengabarkan kecepatan dan akurat. “Jangan dikabarkan dengan sumber tidak tepat ataupun berpihak kepada siapapun terkait proses demokrasi. Peran media online harus memberi ruang pada publik karena publik memegang kedaulatan ,” tutup Ikanubun. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*