Selasa, 22 Oktober 2019

Pembebasan Lahan Trans Sulawesi Amurang Masih Buntu

AMURANG, (manadoterkini.com)-Pelebaran jalan trans Sulawesi di Kelurahan Uwuran Satu dan Buyungon, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) hingga saat ini masih terus tuai penolakan.

Warga pemilik lahan di pusat kota Amurang tersebut menghendaki lebar jalan yang ditambah hanya 14 meter, masing-masing 7 meter sebelah kanan dan kiri. Bukannya, 18 meter masing-masing, 9 meter samping kiri dan kanan badan jalan.

Sementara Panitia pembebasan lahan Ruddy Tiwa, mengatakan ukuran pembebasan yang dipatok pemerintah tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dan mekanisme. “Sudah diputuskan dan umumnya sebagian besar menerima lahan yang akan dibebaskan 18 meter,” ujar Tiwa.

Selain itu harga yang ditawarkan panitia pembebasan lahan tidak juga diterima oleh pemilik lahan, khususnya masyarakat Kelurahan Uwuran yang berdiam di jalan trans sulawesi. “Awalnya kami tawari Rp 275 ribu per meter sampai Rp 450 meter. Tapi itu belum ada kesepakatan. Namun jalur musyawarah dengan pendekatan pemerintah setempat akan terus diupayakan panitia,” kata Tiwa, sembari menambahkan hasil musyawarah soal harga lahan akan dilanjutkan pada pekan ini.

Sementara itu, salah satu pemilik lahan Eky Ilat yang ngotot mempertahankan usulan awal, dan meminta perhatian pihak panitia, instansi terkait, bahkan sampai minta ingin audiens langsung dengan Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu, SE. “Catat, sekali lagi kami tak menentang program pemerintah dan khususnya ibu Tetty. Kami sebagai masyarakat hanya meminta pembebasan lahan dan harga yang ditawarkan pihak panitia sudah tidak sesuai lagi,” pungkasnya.

Lanjut dia meminta, harus ada tim khusus yang berkompeten kalau perlu memiliki legalitas untuk menilai wajar tidaknya tawaran dan usulan yang disampaikan. Diduga masyarakat pemilik lahan tidak lagi percaya kepada panitia, karena dinilai memberatkan. “Jadi untuk sementara ini, kami meminta pihak panitia jangan seenaknya menetapkan harga,” tandasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*