Jum'at, 18 Oktober 2019

Disnakertrans Minsel Siap Pantau Penyaluran THR

AMURANG, (manadoterkini.com)-Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Drs Jefry Prang menegaskan dalam waktu dekat ini pihaknya akan turunkan tim untuk memantau pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR).

Menurut Prang, menjelang hari raya Idul Fitri, pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk melakukan pemantauan langsung pelaksanaan kewajiban perusahaan terhadap pekerjanya yang akan merayakan hari raya sesuai ketentuan dalam undang-undang ketenagakerjaan.

Hal tersebut juga terangkum dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Per-04/MEN/1994 Tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja di Perusahaan yang menyebutkan bahwa pengusaha wajib membayarkan THR Keagamaan bagi pekerja yang telah bekerja selama 3 bulan berturut-turut.

Untuk waktu pembayaran THR, diharapkan selambat-lambatnya seperti disampaikan Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri agar dilakukan dua minggu sebelum Idul Fitri atau H-14.

Dia juga menandaskan bahwa pihaknya juga membuka pos peduli Lebaran di kantor Disnakertrans Minsel untuk menerima keluhan terkait THR dan siap turun menindaklanjuti laporan yang ada.”Pelanggaran akan berdampak tindakan penyadaran, teguran, mediasi sampai tuntutan hukum ke pengadilan, termasuk sanksi nama perusahaannya bakal diumumkan ke publik,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*