Minggu, 20 Oktober 2019

Paransi Siap Wujudkan Pilwako Manado Berintegritas

Paransi

Eugenius Paransi

MANADO, (manadoterkini.com) – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Manado siap mewujudkan Pilkada Manado berintegritas. “Kami akan ciptakan pilkada Manado berintegirtas, karena pasti akan melahirkan pemimpin yang berintegritas,” ujar Ketua KPUD Manado Eugenius Paransi, SH, MH dalam Dialog Publik Peran Media Online menyambut pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Manado, Rabu (1/7) di aula serbaguna Pemkot Manado.

Menurut Paransi lembaga KPU merupakan lembaga yang melahirkan kepemimpinan di Indonesia, sehingga harus dijaga independensinya. “KPU melahirkan pemimpin. Ketika terpilih walikota maka akan tersusun struktur SKPD sampai tingkat kelurahan sesuai hak dan kewenangan dari kandisat yang terpilih, sehingga kami KPU harus bekerja secara profesional dan tidak memihak kepada siapapun,” ujar Paransi.

Menurutnya Siklus pilkada 5 Tahun sekali, KPU diberikan tugas dan peran media sangat diharapkan sebagai media pembelajaran sosialisasi kepada masyarakat terkait pilkada. “Kami berharap media turut mensosialisasikan pemilukada Manado sehingga semua pemegang hak suara bisa datang ke TPS dan mengetahui kapan pelaksanaan Pemilukada tersebut, selain sosialisasi yang di sampaikan KPU,” tutur Paransi.

Menurut Dosen Fakultas Hukum Unsrat ini, KPU Manado saat ini mengacu pada UU No 8 Tahun 2015 tentang persiapan dan tahapan penyelenggaraan. “Sekarang dalam proses penyusunan DP4 dan verifikasi lapangan dukungan Bakal Calon Independen,” ujar Paransi.

Pihak KPU Manado berharap peran media bisa meningkatkan pastisipasi pemilih dan juga memberitakan kepada masyarakat secara benar dan kongkrit. “Media jangan saling mengklaim nanti ketika usai pilwako, karena biasanya dihari yang sama usai pemilihan media sudah saling klaim ini yang unggul. Kita harus menunggu keputusan KPU dan jangan membuat pemilih menjadi gaduh dan bersitegang,” tutup Paransi. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*