Senin, 19 Agustus 2019

DKP Minsel Siap Bantu Nelayan Yang Kurang Mampu

AMURANG, (manadoterkini.com)-Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Royke Mandey SH, mengatakan pihaknya siap membantu nelayan tradisional yang kurang mampu, dengan memberikan bantuan yang tentunya disesuaikan dengan kondisi anggaran, seperti perahu motor dan perlengkapan melaut guna menunjang perekonomian sekaligus meningkatkan hasil tangkapan ikan. Mandey menjelaskan kebijakan ini merupakan tindaklanjut atas keluhan nelayan. Namun untuk bantuan itu, harus disesuaikan dengan kondisi anggaran.

“Setahu saya bantuan rutin terus disalurkan Pemkab Minsel walaupun tidak mencakup seluruh nelayan. Ini akan menjadi perhatian kami ke depan, untuk bisa meningkatkan perekonomian nelayan tradisional yang berdampak peningkatan hasil tangkap ikan di daerah ini,” ungkap Mandey yang juga saat ini masih menjabat sebagai sekertaris Disperindakop Minsel ini.

Sementara itu, salah satu pengurus kelompok nelayan asal Tumpaan yakni Rocky Ompi mengatakan, kurangnya fasilitas terhadap nelayan tradisional, membuat mereka selalu sulit mendapatkan keuntungan lewat melaut. Adanya bantuan seperti perahu motor sangat diharapkan para nelayan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

“Pemkab Minsel memang rutin memberikan bantuan, tetapi peruntukannya tidak menyeluruh ke semua nelayan. Banyak diantara para nelayan tradisional sekarang, sudah puluhan tahun melaut hanya menggunakan perahu seadanya dengan bantuan dayung,” keluhnya.

Lebih lanjut, Ompi mengatakan, pemberian bantuan akan sangat berguna bagi nelayan tradisional untuk meningkatkan perekonomian mereka, dan juga dapat menunjang peningkatan tangkap ikan di Minsel.

“Ini mudah-mudahan bisa direspons instansi terkait untuk menindaklanjutinya sebagaimanan harapan para nelayan tradisional tersebut,” harapnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*