Senin, 19 Agustus 2019

Rayakan HUT ke-98 Jemaat GMIM Lazarus Meras, Walikota Ajak Masyarakat Manfaatkan Program UC

MANADO, (manadoterkini.com) -Masyarakat Kota Manado diajak untuk memanfaatkan layanan kesehatan gratis melalui program Universal Coverage (UC) Pemerintah Kota (Pemkot) Manado. Pasalnya, masih ada 50 persen lebih masyarakat Manado yang belum terlayani dengan program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) kesehatan.

Hal itu dikatakan Walikota GS Vicky Lumentut saat menyampaikan sambutan dalam ibadah syukur Ulang Tahun ke 98 Jemaat GMIM Lazarus Meras, Kecamatan Bunaken, Minggu (12/7) kemarin.

Menurut Walikota, program UC diperuntukan bagi semua warga Kota Manado yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). Berbeda dengan BPJS Kesehatan yang biayanya ditanggung masyarakat kemudian dilakukan klaim, UC tidak dipungut biaya karena sudah ditanggung Pemkot Manado.

“UC itu pelayanan kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat Kota Manado. Saya ajak, mari manfaatkan program ini karena biayanya sudah ditanggung pemerintah. Tentunya, tidak semua rumah sakit, hanya pada rumah sakit yang bekerjasama dengan pemerintah kota saja,”tandas Walikota, seraya meyebutkan enam rumah sakit yang bekerjasama dengan Pemkot Manado dalam penanganan UC, yakni RS Siti Maryam, RS Advent Teling, RS Pancaran Kasih, RS Ratumbuysang, RS Bhayangkara dan RSUP Prof Kandow.

Meski demikian, Walikota sarankan jika pengobatan dapat dilakukan sesuai prosedur yang dimulai dari Puskesmas. Jika perlu dirujuk, Puskesmas akan merujuk ke RS terdekat yang kerjasama dengan Pemkot.

“Tidak boleh langsung ke rumah sakit, harus ke Puskesmas dulu. Karena, kita punya verifikator di setiap rumah sakit. Jika bisa ditangani di Puskesmas, maka akan disarankan untuk berobat di Puskesmas,”pungkas Walikota, yang datang bersama isteri tercinta Prof Julyeta PA Lumentut Runtuwene.

Dalam kesempatan itu, Walikota dan isteri bersama pendeta dan pelayan khusus di jemaat GMIM Lazarus Meras melakukan pemasangan dan peniupan lilin ulang tahun.(tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*