Minggu, 18 Agustus 2019

Kemenag Sulut Laksanakan Hisab Rukyat 1436 H / 2015 M di MTC Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Ijtimak akhir Ramadhan 1436 Hijriah terjadi pada Kamis (16/7) pukul 09.26 WITA, terang Drs. Muhtar G. Bonde, Pembimbing Syariah Kanwil Kemenag Sulut. Rukyat dan Hilal yang digelar merupakan kegiatan rutin setiap tahun untuk menentukan awal Ramadan dan Idul Fitri bagi umat muslim di tanah air.

“Hilal dan matahari berada dibelahan Utara khatulistiwa dan hilal berposisi di Selatan matahari. Jarak hilal dengan matahari 50 20’ 48.78’ dengan miring ke Selatan. Dengan demikian kemungkinan besar penetapan Idul Fitri adalah besok (Hari ini, jumat 17 Juli 2015),” kata Drs. Moch. Rusdi Musanip, Ketua Tim Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Sulut.

Bidang Pembimbing Syariah Kanwil Kemenag Sulut melaksanakan Hisab Rukyat perhitungan awal bulan Syawal 1436H/2015 M dilaksanakan di kompleks gedung MTC Manado.

Musanip mengatakan rukyatul hilal akan dilakukan sekitar pukul 17.53 WIB dengan menggunakan alat sejenis teropong yang disebut teodolit, untuk melihat posisi bulan dan bisa langsung terlihat otomatis. Setelah rukyatul hilal, akan langsung melaporkan hasil pengamatannya ke Jakarta untuk kemudian menjadi salah satu masukan dalam sidang isbat nanti.

Hadir pada acara ini Kepala Kemenag Kab/Kota, tokoh-tokoh agama Islam, ketua MUI Sulut, dan perwakilan ormas Islam. (Chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*