Senin, 14 Oktober 2019

Dana Desa dan TAPD Tahap Pertama di Boltim Tuntas Dibayarkan

TUTUYAN, (manadoterkini.com)-Pembayaran Dana Desa untuk 80 Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) serta Tunjangan Aparatur Pemerintah Desa (TAPD) yakni kepada Sangadi dan perangkat desa untuk tahap pertama pada pekan kemarin sudah tuntas dibayarkan oleh Pemkab Boltim.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Boltim Oscar Manoppo SE,MM kepada manadoterkini.com, Senin (20/7).

Menurut Manoppo, total Dana Desa dan TAPD yang telah dibayar berjumlah Rp 18.484.924.000. Masing-masing DanDes Rp 8 Miliar lebih dari jumlah keseluruhan Rp 22,5 Miliar dan TAPD Rp 10,3 Miliar.

“Sebenarnya target kami pekan ini sudah tuntas, akan tetapi karena semuanya sudah melengkapi berkas, kita tuntaskan pada pekan lalu. Jadi semua desa sudah menerimanya,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa, untuk DanDes tahap dua Rp 8 Miliar lebih, direncanakan akan direalisasikan bulan Agustus tahun 2015 mendatang. Namun, prosesnya setiap desa harus memasukan Surat Pertanggung-Jawaban (SPJ) DanDes tahap pertama.

Pun juga dengan dana desa, wajib memasukan SPJ penggunaan dana desa tahap satu. Manoppo berharap, Sangadi dan perangkat desa lebih proaktif membuat pertanggung-jawaban. Agar tidak menjadi kendala pada pencairan tahap selanjutnya.

“Yang pasti Agustus telah diagendakan pencairan Dana Desa untuk tahap dua. Bagi desa yang sudah menyelesaikan SPJ, otomatis langsung diproses untuk pencairan 40 persen tahap dua,” tukasnya.

Manoppo juga mengingatkan kepada seluruh Sangadi dan perangkat, supaya memanfaatkan Dana desa sesuai dengan RKAPDes APBDes. Dengan begitu, tidak akan menjadi masalah pada pertanggung-jawaban.

“Sekali lagi saya ingatkan, manfaatkan baik-baik Dana desa sesuai peruntukan yang tertata dalam RKAPDes APBDes. Karena resikonya sangat fatal jika disalah gunakan,” tandasnya.(wan)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*