Minggu, 20 Oktober 2019

Survey IPC, Elektabilitas GSVL Paling Tinggi di Pilwako Manado

manado

Survey IPC untuk Pilwako Manado GSVL masih teratas

MANADO, (manadoterkini.com) – Nampaknya elektabilitas atau tingkat keterpilihan GS Vicky Lumentut (GSVL) sebagai kandidat Walikota Manado periode 2015-2020 belum tertandingi. Setelah sebelumnya sejumlah survei nasional menempatkan GSVL paling tinggi dibanding kandidat lainnya, kini giliran Indoresearch Public Care (IPC) yang juga menempatkan GSVL tertinggi hasil survei.

Lembaga survei independen berkelas nasional yang berkantor pusat di Rukan Graha Permata Pancoran Kav A-8 Jakarta-12780 ini mengeluarkan rilis terbaru hasil survei Juli 2015 yang menempatkan GSVL memiliki kualitas personal dan elektabilitas tertinggi. “Kami melakukan survei ini tujuannya untuk mengidentifikasi kualitas personal dan elektabilitas dari masing-masing bakal calon, baik yang mendaftar di Parpol maupun koalisi gabungan parpol. Setiap Calon Walikota dan Wakil Walikota, tentunya memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Karena itu, perlu diukur vote awareness dan elektabitas figur mereka, berdasarkan keinginan rakyat,” kata Direktur Riset dan Operasional IPC DR Afendy A Nugroho, didampingi Koordinator Regional Sulut Stanly Mewengkang, dan Koordinator Area Manado Victory Manoppo, sebagaimana rilis yang diterima manadoterkini.com.

Dijelaskan mereka, data survei dengan total 1.512 responden, mengambil sampel masing-masing 3 orang dari 504 Lingkungan di 11 Kecamatan se-Manado. Survei menggunakan metode multistage random sampling yang mengacu pada Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dan IPC merilis hasil survei terhadap 12 orang Bakal Calon Walikota dan 26 orang Bakal Calon Wakil Walikota di Pilwako Manado 2015. Kualitas personal dan elektabilitas figur incumbent Walikota Manado GS Vicky Lumentut sementara ini masih teratas jika dibandingkan dengan 11 bakal Calon Walikota lainnya.

Untuk lengkapnya, hasil Survei IPC terbaru kali ini di posisi bakal Calon Walikota Manado menempatkan GSVL teratas meraih dukungan 26,3%, di urutan kedua Harley AB Mangindaan 25,7%, disusul Hanny Joost Pajouw 23,9%, kemudian Richard Sualang 3,2%. Selanjutnya Telly Tjanggulung 2,2%, Richard Kainage 1,9%, Maudy Manoppo 1,5%, Andrei Angouw 1,3%, Wenny Lumentut 0,8%, Alfian Daini 0,5%, Burhanuddin 0,3%, dan Markus Palantung 0,2%. Sisanya 12,2% responden belum menentukan pilihan atau tidak tahu/tidak jelas dan masih rahasia.

Nugroho menjelaskan, IPC pada 2005 silam pernah berkontribusi menyukseskan Pilwako Manado, yang dimenangkan pasangan Jimmy Rimba Rogi dan Abdi Buchari, untuk periode 2005-2010. Demikian juga IPC pernah berkontribusi menyukseskan Pilwako Manado 2010, yang dimenangkan pasangan GS Vicky Lumentut dan Harley AB Mangindaan periode 2010-2015. “Namun harus ditegaskan, bahwa IPC adalah lembaga survei dan observasi independen yang tidak berafiliasi dengan parpol ataupun kandidat tertentu. Meski demikian, hasil survei, tidak menutup kemungkinan akan dijadikan referensi maupun rekomendasi parpol dalam mengusung pasangan calon di Pilwako Manado nanti,” terang Nugroho.(tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*