Jum'at, 22 November 2019

Keakuratan dan Validitas Data menjadi Fokus Pembahasan Tim TKPK Kota Manado

bappedaMANADO, (manadoterkini.com) – Rapat koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di Kota Manado (TKPK) yang terdiri dari Bappeda Manado, BPMPK Manado, Dinas Sosial Manado, Dinas Pendidikan Manado, BPS Kota Manado, Dinas Kesehatan Manado, Bagian Perekonomian SETDA Manado, Inspektorat Manado, Dinas Tenaga Kerja Manado, Bulog Sulut, Dinas PU Kota Manado, dan Kantor Agama Kota Manado, Rabu (8/7/2015) di Ruang Rapat Bappeda Kota Manado.

BPS Kota Manado menyampaikan bahwa di BPS masih banyak data yang belum masuk hal ini menyebabkan BPS masih menggunakan data lama dan data yang trend. Sementara itu untuk data IPM, BPS masih menggunakan metode lama yaitu berdasarkan usia harapan hidup, pendidikan dan pengeluaran (kemampuan daya beli masyarakat).

Sementara itu dalam rapat koordinasi ini dipaparkan juga program-program penanggulangan kemiskinan di tiap-tiap SKPD tekait. Untuk Dinas Sosial program atau kegiatan terkait penanggulangan kemiskinan yaitu, Pemberdayaan fakir miskin dengan sasaran 150 keluarga miskin; pelayanan dan rehabilitasi sosial dalam hal ini sasaran orang-orang cacat (600 orang); dan pelatihan keterampilan anak terlantar 100 anak putus sekolah (pelatihan mengemudi).

Untuk Dinas Tenaga Kerja terdapat 3 program yaitu perlindungan tenaga kerja sebanyak 157 anak, perluasan kesempatan kerja sebanyak 250 orang, dan pelatihan tenaga kerja dalam menghadapi MEA sebanyak 25 orang.

Dinas Kesehatan terdapat 3 program penanggulangan kemiskinan yaitu UC, semua penduduk yang belum mempunyai jaminan ditanggung dan pemberian makanan tambahan sekitar 100 anak agar status gizi meningkat.

Dinas Pendidikan terdapat 3 program yaitu bantuan siswa miskin SD, SMP, SMA/SMK; beasiswa bagi siswa miskin; dan pengadaan perlengkapan sekolah (seragam, buku) untuk siswa miskin.

Terdapat program penyediaan air bersih pada beberapa wilayah di Kota Manado dari Dinas PU, Penerimaan BSM (Bantuan siswa miskin); Bantuan untuk Fakir Miskin (Zakat dll); dan Bantuan untuk orang miskin untuk wirausaha, modal usaha dari Kantor Agama Kota Manado.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*