Selasa, 16 Juli 2019

Andalkan Stok Luar Daerah, Cabe di Manado Kembali Naik Drastis

MANADO, (manadoterkini.com) – Harga kebutuhan pokok seperti rica pasca hari raya idul fitri dan ketupat 1436 H naik drastis. Dimana cabe rawit yang dihargai Rp16.000 hingga rp17.000 per kilogram, kini harganya naik mencapai Rp 35.000.

Salah satu kendalanya warga Sulawesi Utara pada umumnya terlebih di ibukota Nyiur Melambai hanya mengandalkan pasokan cabe rawit dari luar daerah seperti Gorontalo dan Surabaya. “Cabe mahal karena barang yang ada hanya di daerah Gorontalo, daerah-daerah lain masih kosong belum sempat panen, itulah mengapa harga cabe naik drastis,” ungkap Ramu yang diiyakan para penjual di pasar tradisional di Kota Manado.

Bahkan para pedangang menuturkan harga cabe rawit atau biasa disebut orang Manado rica itu kemunkinan belum akan turun karena kebutuhan warga atau permintaan masih tinggi. “Cabe kemungkinan akan turun normal kembali dalam beberapa bulan, apalagi beberapa kampung yang ada di Kota Manado masih akan merayakan hari raya ketupat, jadi harganya belum akan turun,” tambahnya.

Sementara kebutuhan pokok lainnya, para pedangang mengatakan masih dalam batas normal. “Harga bahan pokok yang lain normal seperti biasa, dan belum ada kemungkinan bahan-bahan pokok itu akan naik, kalo naik pasti itu pengaruh cuaca atau kurangnya panen,” tandas Ramu.(tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*