Senin, 15 Juli 2019

Pangemanan Urai Keunggulan dan Kelemahan Kandidat di Pilkada Minut

MANADO, (manadoterkini.com) -Pengamat Politik Sulut, Melky Pangemanan, S.IP, MAP, menguraikan Keunggulan dan Kelemahan Kontestan di Pilkada Minut.

Dimana pasangan Drs. Sompie Singal, MBA dan DR. Peggy Mekel, SE, MA, memiliki keunggulan sebagai incumbent. Sompie Singal sangat populis dan rajin turun ke masyarakat. Melekat figur ini sebagai Jokowinya Minut. Disamping itu torehan prestasi yang dibuat oleh Sompie sebagai Bupati Minut. Pasangannya Peggy Mekel dikenal figur muda intelektual yang memiliki jaringan international dan terkenal dikalangan gereja (GMIM) dan lintas organisasi kepemudaan, akademisi serta memiliki rekam jejak yang bersih. Belum lagi ditopang oleh figur Olly Dondokambey yang notabene sebagai warga Minut. Kelemahan pasangan SDM adalah hanya diusung oleh satu partai yaitu PDIP, meskipun sebagai partai pemenang di Minut.

Pasangan Vonny Panambunan dan Ir. Joppy Lengkong, memiliki keunggulan lain. Dimana figur Vonny Panambunan yang sudah sangat dikenal di Minut sebagai mantan Bupati Minut. Ditunjang juga oleh kekuatan partai pengusung Gerindra, PKB dan PKPI yang seluruhnya memiliki 9 kursi di DPRD Minut. Berikut pasangannya merupakan birokrat dan dikenal juga dikalangan gereja. Kelemahan dari pasangan ini bahwa status pernah terlibat kasus korupsi dari Vonny Panambunan bisa memberi dampak negatif bagi para pemilih.

Pasangan Yulisa Baramuli, SH dan Ir. Patrice Tamengkel, memiliki keunggulan Yulisa Baramuli sebagai Petahana Wakil Bupati. Tentunya dikenal masyarakat Minut. Belum lagi pasangan ini didukung oleh Partai Demokrat, Hanura, Nasdem dan PPP yang kesemuanya memiliki 10 kursi di DPRD Minut. Kekuatan ini tentunya tidak bisa diremehkan. Pasangannya Patrice Tamengkel dikenal sebagai birokrat yang bersama-sama di pemerintahan Sompie Singal. Kelemahan pasangan ini terletak difigur keduanya yang masih kalah populis dengan Pasangan SDM dan VAP-Jo.

Pasangan perseorangan, Piet Luntungan dan DR. Lucky Longdong, memiliki keunggulan figur Piet Luntungan dikenal sebagai politisi senior, pernah menjabat anggota DPRD Minut. Pasangannya Lucky Longdong merupakan birokrat senior yang juga tidak asing dimasyarakat Minut. Kelemahan pasangan ini terletak pada struktur tim pemenangan, tentunya berbeda dengan pasangan yang diusung parpol yang tentunya memiliki jaringan yang terbentuk lebih dulu.(toar)

Tags: , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Luar biasa pengamat yang satu ini. Tapi kenetralitasnya perlu dipertanyakan sat menyampaikan kelemahan dan kelebihan karena tidak terlihat kelemahan dari incumbent. Ada apa yaa..???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*