Senin, 23 September 2019

Dies Natalis ke-21, AJI Bakal Gelar Diskusi Publik

MANADO, (manadoterkini.com) – Pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bakal merayakan dies natalis yang ke-21, Jumat (7/8) mendatang. Terkait momentum bersejarah itu, AJI Manado bakal menggelar diskusi publik dengan tema Posisi Media dan Jurnalis dalam Pelaksanaan Pilkada di Sulut.

Ketua Bidang Organisasi AJI Manado, Agustinus Hari mengungkapkan, dengan berbagai tantangan dan dinamika akhirnya AJI mampu mencapai usia yang ke-21. Lanjut Hari, meski di awal-awalnya AJI merupakan organisasi terlarang dan menjadi musuh rezim orde baru saat itu, namun dalam perjalanan kemudian AJI mampu menjadi organisasi professional yang melawan segala bentuk pengekangan terhadap kebebasan pers, serta menjaga independensi.

”21 tahun sudah AJI hadir untuk memperjuangkan kebebasan pers dan menjaga independensi media, bebas dari intervensi pihak manapun. Termasuk pemilik modal,” papar Hari didampingi Sekretaris AJI Manado, Fernando Lumowa.

Terkait dengan semangat itu dan bertepatan dengan momen Pilkada di Sulut, lanjut Hari dan Lumowa, maka AJI Manado menyiapkan kegiatan diskusi public dengan tema Posisi Media dan Jurnalis dalam Pelaksanaan Pilkada di Sulut. ”Kondisi di lapangan sejak tahapan Pilkada di Sulut dapat terlihat bagaimana posisi media dan para jurnalisnya. Sebagai organisasi profesi tentu kita berkewajiban mengingatkan kembali seperti apa posisi media dan jurnalis sebagaimana amanat UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itulah kami mengambil tema terkait Pilkada dalam diskusi public memperingati hari lahirnya AJI ini,” papar Hari dan Lumowa.

Untuk pelaksanaan diskusi itu, lanjut keduanya, akan menghadirkan pembicara yakni pimpinan Bawaslu Provinsi Sulut, Johny Suak SE MM, akademisi Fisip Unsrat yang juga anggota Majelis Etik AJI Manado, Dr Ferry Liando MSi, serta Ketua AJI Manado, Yoseph E Ikanubun. “Diskusi ini akan digelar Jumat 07 Agustus 2015 di Sekretariat AJI Manado mulai Pukul 14.00 – 17.00 WITA. Kami berharap kehadiran para anggota AJI serta kawan-kawan jurnalis,” pungkas Hari dan Lumowa.(tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*