Selasa, 15 Oktober 2019

Sekjen HKTI: Pemerintah Wajib Berpihak Pada Petani, Perlu Adanya Politik Pertanian

SULUT, (manadoterkini.com) – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menegaskan bahwa pemerintah wajib berpihak kepada kepentingan rakyat. Hal tersebut dikatakan politisi Gerindra pada pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di Bunaken room Hotel Quality Manado selasa (4/8).

“Kita perlu politik pertanian, tentunya pemerintah harus berpihak pada pertanian,” ujar Fadli.

Menurut Sekjen HKTI Pusat bahwa kalau pemerintah menganggap tidak memperhatikan sektor pertanian maka tidak ada gunanya. HKTI sebagai mitra pemerintah berjalan bersama pemerintah bergerak membantu peningkatan kapasitas petani. “petani bisa memiliki organisasi dan bagaimana HKTI menjadi koperasinya petani, sehingga kepentingan petani bisa diakomodir,” ujar Politisi Gerindra tersebut.

Selain itu, Fadli juga ikut mendorong pemerintah untuk dapat mengadvokasi kebijakan yang melindungi petani bisa dimulai dari aturan dan regulasi, misalnya insentif Harga.

“Kembalikan Bulog sebagai regulator awal dan apabila tidak diakomodir barulah pemerintah menggelar operasi pasar,” ujarnya.

Fadli juga menghimbau kepada Pemerintah harus serius melihat dana anggaran untuk pertanian. “Harus 30 persen, bukan hanya 3 atau 4 persen saja,” Ujarnya.

Selain itu, Ia juga mengajak kepada generasi muda untuk menjadi petani, karena kalau tidak ada yang mau jadi petani, maka Indonesia akan tergantung pada importir. maka bisa dikatakan akan berdampak pada krisis pangan dan bisa menuju krisis politik

Masalah pangan harus ada integrasi yang saat ini masih tercerai berai di kementerian, yang semestinya harus teratur dengan baik.

“Pangan Indonesia seringkali mahal dibandingkan produk luar, karena produk kita bisa sampai lewat 28 pos semuanya dengan retribusi. Kedepan saya berharap ada pemerintah yang berpihak pada pangan dan pertanian,” tutupnya. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*