Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Politik

Fantastis Anggaran Pilkada Capai 179 Miliar

×

Fantastis Anggaran Pilkada Capai 179 Miliar

Sebarkan artikel ini

manadoMANADO, (manadoterkini.com) – Penambahan anggaran Pilkada serentak di Sulut yang diusulkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akhirnya dikabulkan pemerintah Provinsi.

Pasalnya dalam KUA PPAS APBD Perubahan tahun 2015 dana pilkada mencapai Rp74,1 Miliar. Hal ini dipaparkan oleh Sekertaris Provinsi S R Mokodongan ketika pembahasan KUA-PPAS dengan Badan Anggaran DPRD Sulut yang dipimpin langsung oleh Ketua Dewan, Drs.Steven Kandouw.

Dimana untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut mengalami penambahan Rp36,4 Miliar, Bawaslu mengalami penambahan Rp32,7 Miliar dan dana pengamanan Rp 5Miliar. Pada APBD induk 2015 untuk KPU Rp 75 Miliar, Bawaslu Rp15 Miliar dana Pengamanan Rp15 Miliar. Sehingga jumlah keseluruhan dana pilkada mencapai Rp179 Miliar.

Namun dalam pembahasan, Badan Anggaran menilai dana pilkada terlalu tinggi dan perlu dikaji lagi. “Banggar mengusulkan agar Komisi I dapat memanggil Badan Penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU, Bawaslu dan kepolisian. Untuk dapat mempresentasekan berapa besar anggaran yang akan dipakai di pilkada,”ungkap Ketua Fraksi Golkar, Eddison Masengi.

Hal yang sama juga diungkapkan James Karinda. Menurutnya KUA PPAS APBD-P sangat tidak pro rakyat. “Bayangkan untuk pilkada 5 tahun lalu dana yang ditetapkan hanya Rp115 Miliar. Untuk tahun ini Rp179 miliar angka yang sangat fantastis. Dan perlu dikaji lagi,” aku Ketua Fraksi Demokrat, Edwin Lontoh.(mlz)