Selasa, 17 September 2019

UGM Jadikan Danau Linow Tomohon Tempat Penelitian Pertama di Indonesia Timur

TOMOHON, (manadoterkini.com)-Geothermal researce centre Gajah Mada University bekerjasama dengan NZAID CaRED, Pemerintah kota tomohon, PGE Tomohon, dan instansi terkait selama tiga hari ini atau tanggal 6 – 7 Agustus 2015 akan melounching taman penelitian dan pengembangan panas bumi terbaru berkelanjutan.

Taman belajar berbasis pariwisata ini merupakan kali pertama yang dilakukan di wilayah indonesia timur dengan menghadirkan Pusat Penelitian Panas Bumi dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah mada yakni Dr. Pri Utami. “Kota Tomohon diproyeksikan menjadi laboratorium alam untuk pengembangan dan pemanfaatan panas bumi sumber energy tentang taman penelitian panas bumi di Indonesia timur sebagai fasilitas pendidikan berbasis wisata,” ujar Dr Pri Utami kepada sejumlah wartawan.

Menurut Dia, dipilihnya danau linow karena mempunyai energy panas ramah lingkungan yang dapat dimanfaatkan keberadaannya yang jika dikembangkan optimal dapat membantu tercapainya ketahanan energy dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan. “Apalagi Energy panas bumi menerapkan ilmu kebumian sesuai teknologi sehingga peran aktiv mendukung sarana pendidikan informal panas bumi dapat menarik minat generasi muda yang ada di sulut untuk mengembangkan sumber daya panas bumi di masa depan,” jelasnya.

Inisiasi Pendirian Taman Pendidikan Panas Bumi Lahendong oleh mahasiswa UGM berlatar belakang keilmuan Sains, Agronomi, Medika, Teknik, Humaniora, Sosial politik dan Ekonomi bisnis dampak yang diharapkan dengan menumbuhkan kebiasaan belajar sambil beraktivitas, meningkatkan pengetahuan tentang panas bumi, berwawasan energy panas bumi berkelanjutan, kelestarian lingkungan ,konservasi hutan, siklus air, kestabilan tanah lereng, sustainability, terinspirasi belajar dan berkarir di bidang panas bumi juga memberi ruang masyarakat lokal memanfaatkan ekonomi berkelanjutan sebagai wahana penelitian dan pembelajaran. Banyak manfaat dengan berdirinya taman pendidikan panas bumi lahendong (efd)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*