Rabu, 16 Oktober 2019

Terkait Pilkada Serentak, Pangemanan: Bawaslu Boleh Keja Sama Dengan LSM, Ormas dan Pers

SULUT, (manadoterkini.com) – Dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, merupakan hal yang baru diterapkan. Untuk itu perlu kesiapan yang matang, baik dari pelaksanaan, pengawasan dan anggaran.

Direktur Eksekutif Sulut Political Institute (SPI), Melky Pangemanan, S.IP, MAP, menghimbau, Bawaslu sebagai fungsi kontrol dalam penyelenggaraan pilkada serentak dapat menggunakan cara partisipatif yang melibatkan pemantau pemilu, LSM, ormas dan pers.

Hal tersebut terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, merupakan hal yang baru diterapkan. Untuk itu perlu kesiapan yang matang, baik dari pelaksanaan, pengawasan dan anggaran.

Pun dengan penganggaran perlu ada perhatian khusus guna mengoptimalkan peran bawaslu dan tim pemantau dalam menjalankan fungsinya.

“Menghadapi pilkada serentak perlu dipikirkan sisi pengamanan oleh pihak aparat. Karena ada beberapa daerah yang mengadakan pilkada disulut. Personil aparat mesti dipersiapkan dengan baik, terkait juga dengan jumlah aparat pengamanan,” ujarnya.(chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*