Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Kawin Masal Progran Rutin Pemkot Manado

×

Kawin Masal Progran Rutin Pemkot Manado

Sebarkan artikel ini

Tinangon : Di Pandu Sudah yang Ketuju Kalinya

MANADO, (manadoterkini.com) – Sebagai calon incumbent, Walikota Manado GS Vicky Lumentut, menjadi sasaran lawan politik manakalah menjalankan program pemerintahan. Seperti halnya kawin masal di Kelurahan Pandu, Kecamatan Bunaken, Rabu (5/8) kemarin.

Dimana GSVL sapaan akrab Walikota Manado, menjadi pencatat perkawinan bagi 49 pasangan suami istri dianggap melakukan pencitraan.

Tak ayal berbagai cara dilakukan lawan politik untuk menjatuhkan beliau. Spontan saja, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Hans Tinangon membantah.

Menurut mantak Kepala Badan Kepegawaian tersebut, kawin massal ini salah satu program rutin Pemkot untuk warga Manado yang dilakukan melalui Disdukcapil Manado, yakni memfasilitasi pelaksanaan kawin massal bagi masyarakat Manado.

Dijelaskan Tinangon, program nikah massal tersebut, itu bisa dilakukan setiap saat oleh Pemkot Manado melalui Disdukcapil bekerjasama dengan pihak Gereja ataupun Lembaga Organisasi yang mempunyai kepedulian social.

“Program tersebut sudah Ketuju kalinya. Hanya saja 6 diantaranya atau selama ini saya yang melakukan penandatanganan. Kali ini dilakukan langsung Walikota Manado GS Vicky Lumentut,”ujar Tinangon.

Dalam pelaksanaan kegiatan nikah massal yang dilakukan Lembaga atau Organisasi social, untuk pelaksanaannya, selalu mengundang pemimpin Kota yakni Walikota untuk menjadi pencatat nikah. Kalau saat pelaksanaan kawin massal Walikota tidak sempat hadir, Disdukcapil bisa melaksanakan kegiatan nikah massal tersebut.

“Jadi pelaksanaan nikah massal adalah program rutin Pemkot Manado, bukan kegiatan dadakan atau sekedar pencitraan. Kegiatan nikah massal ini atas inisyatif Lembaga Organisasi yang memiliki kepedulian social,bekerjasama dengan pihak Gereja, Pemerintah hanya memfasilitasi pelaksanaan kawin massal untuk warga manado,” jelas Kadiscapil Manado Hans Tinangon, Rabu (5/7) sambil menambahkan, sepanjang Tahun 2015 Pemkot Manado melalui Disdukcapil Manado telah memfasilitasi sebanyak 7 kali pelaksanaan kawin massal bagi warga Manado.(ald)