Sabtu, 20 Juli 2019

New Zealand Tertarik Pengembangan Energi Gheotermal Lahendong

SULUT, (manadoterkini.com) – Energi Gheotermal atau panas bumi yang ada di Lahendong, Kota Tomohon menjadi daya tarik tersendiri Duta Besar (Dubes) New Zealand (Selandia Baru) DR Trevor Matheson yang melakukan kunjungan ke Sulawesi Utara.

Untuk itu, dalam pertemuan dengan Gubernur Sulut SH Sarundajang, Dubes Selandia Baru yang baru menjabat 6 bulan tersebut, baru pertama kali berkunjungi daerah Nyiur Melambai.

Selandia baru

“Nantinya kata Gubernur pihak Selandia Baru akan membuka pusat pendidikan Gheotermal yang ada di Linow,”kata Gubernur Sulut, melalui juru bicara Pemprov Sulut Roy Saroinsong.

Selain kerjasama pengembangan energi gheotermal, juga pengembangan ternak sapi. “Pihak Selandia baru akan melakukan survei ke peternakan sapi yang ada di Sulut untuk melihat potensi peternakan susu sapi,”kata Saroinsong.

Dubes Selandia baru

Dikatakannya, kerjasama dengan beberapa investor dari negeri asing sudah banyak dilakukan Gubernur SH Sarundajang sebagai komitmen membangun Sulawesu Utara. “Ini bukti beliau (SHS,red) membangun Sulawesi Utara hingga menjelang akhir masa jabatan,”tandasnya.

Dalam pertermuan tersebut Gubernur Sarundajang menyampaikan apresiasi penuh, beserta ucapan terima kasih atas kedatangan Dubes Selandia Baru untuk Indonesia, kunjungan ini merupakan bentuk kepercayaan dari negara asing bahwa Sulut mempunyai potensi besar untuk membangun kerjasama dalam berbagai bidang.

Diketahui pula Juma (7/8) kemarin telah dilaksanakan The First Indonesia Gheotermal Festival.(alfa)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*