Sabtu, 20 Juli 2019

Gelar FGD Dengan Media, Bawaslu: Pers Jangan Hanya Sajikan Berita Informatif, Tapi Juga Berita Analisis

SULUT, (manadoterkini.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan Media Massa dengan topik Pengawasan partisipatif dalam tahapan pencalonan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2015, bertempat di Kantor Harian Komentar, Mega Mas Jumat (8/8) pukul 15.00 Wita.

Pembicara diskusi ini langsung dari Bawaslu Sulut Johnny Suak, SE, M.Si yang membidangi Kordinator Divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga. Terkait Pilkada Sulut, Johnny membuka masalah terkait pengawasan pilkada se Sulut dan memberikan rekomendasi kepada media untuk memberikan analisis dalam pengawasan pilkada 2015.

“Kebanyakan media saat ini cara penyampaiannya hanya infomatif dan tidak ada masukan analisis, sehingga kedepan kiranya media bisa memuat berita analisis, dan berimbang untuk diberitakan kepada masyarakat,” ujar Johnny.

Ia juga menjelaskan proses tahapan yang sementara dijalankan KPU yakni memastikan persyaratan pendaftaran calon sudah sesuai prosedur walaupun ada catatan-catatan krusial dan dinamikanya.

“Ada calon terkejut dengan sikap pengawasan dari Bawaslu, tapi inilah cara kami bekerja bagaimana mengawal pilkada Sulut dan Kabupaten/Kota yang berintegritas,” ujarnya.

Selanjutnya terkait pemasukan perbaikan berkas yang sudah ditutup kemarin Bawaslu berharap ada masukan dari masyarakat terhadap berkas yang telah dimasukkan kecuali Minsel dan Boltim. Bawaslu melihat tahapan yang diawasi yakni terkait persyaratan Parpol, persyaratan administrasi calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

“KPU diberikan waktu 4 hari untuk penelitian verifikasi maupun konfirmasi kepada pihak-pihak terkait sampai dengan 24 Agustus untuk menentukan MS atau TMS, dan pastinya kami akan awasi,” ujarnya.

Diakhir diskusi, pihak Bawaslu Sulut mengapresiasi pers dalam pemberian informasi kepada masyarakat dan kedepan pers bisa menyajikan informasi yang baik dan benar terkait pilkada 2015. Hadir dalam FGD ini, Bawaslu Sulut Johnny Suak, SE, M.Si, Aj. Musa, Friko Poli Pemred Harian Komentar, serta pimpinan perwakilan media cetak dan online. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*