Selasa, 16 Juli 2019

Bawaslu Sulut Minta Pers Kawal Verifikasi Calon Independen di Kabupaten/Kota

FGDSULUT, (manadoterkini.com) – Badan Pengawas Pemiliu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara berharap pers turut serta mengawal proses verifikasi syarat pencalonan dan verifikasi lapangan terhadap bakal calon perseorangan di Kabupaten/Kota di Sulut.

Hal tersebut dikatakan pimpinan Bawaslu Sulut Johnny Suak, SE, M.Si Kordinator Divisi Penindakan dan Hubungan Antar Lembaga pada Focus Group Discussion (FGD) dengan Media Massa dengan topik Pengawasan partisipatif dalam tahapan pencalonan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2015, bertempat di Kantor Harian Komentar, Mega Mas Jumat (8/8) pukul 15.00 Wita.

“Bakal Calon Perseorangan di Manado kami masih menunggu hasil dari KPU Manado. Begitu juga dengan kabupaten kota lainnya, terus diawasi Panwaslu daerah setempat. Bawaslu dan Panwaslu melihat apakah valid datanya atau tidak selain itu juga kami melihat proses dan cara verifikasinya,” ujar Suak.

Ia juga berharap Pers jangan terpaku pada persyaratan pencalonan parpol, sehingga jangan mengabaikan verifikasi pasangan perseorangan. “Coba lihat di Bitung sampai ada 4 pasangan Bakal Calon, bisa sajakan ada data dukungan yang ganda. Apalagi saat ini syarat dukungan seperti Kota Manado harus menambah 2 kali lipat dukungan atau sekitaran 60 ribuan pendukung yang verifikasinya langsung dikumpul satu tempat dan diverifikasi sekaligus oleh PPS, makanya harus kita awasi bersama,” ujarnya. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*