Jum'at, 19 Juli 2019

Porseni Pasraman Ajang Seleksi Pilih Pelajar Terbaik

BOLMONG, (manadoterkini.com) – Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara, Nengah Kokog, S.Ag,M.Si mewakili Kakanwil membuka Porseni Pasraman se Sulut tahun 2015 pada Sabtu (8/8) kemarin. Kegiatan yang berlangsung di Aula SMA Swadharma Werdhi Agung Dumoga Tengah ini berlangsung semarak.

Dalam sambutannya, Kokog menguraikan porseni pasraman merupakan ajang seleksi untuk memilih siswa-siswi terbaik di pasraman di bidang akademis (pengetahuan agama) maupun praktis. Karenanya ia menekankan, semua peserta harus tampil maksimal dan membawa nama baik pasraman masing-masing.

Tak lupa dia menghimbau agar para orangtua siswa jangan menganggap remeh sistem pembelajaran di pasraman karena bagaimanapun juga pasraman berperan penting dalam pendidikan moral dan pembentukan karakter siswa Hindu yang cerdas dan militan.

Sementara itu Ketua Panitia, I Gede Agus Setiawan, S.Ag dalam laporannya menyampaikan, porseni pasraman tahun ini diikuti lima pasraman yang ada di Sulut. Pasraman Swadharma Werdhi Agung, Pasraman Swadharma Mopugad, Budhi Luhur Kembang Mertha, Dharma Lingga Kotamobagu dan Pasraman Pura Jagadhita Manado.

Semua peserta akan beradu kompetensi dalam delapan kategori lomba yaitu lomba Dharma Widya (Cerdas Cermat) tingkat SD, SMP, dan SMA; lomba mantram puja trisandhya, Kramaning Sembah, pelafalan doa sehari-hari, cipta lagu kreasi keagamaan, puisi keagamaan, bercerita keagamaan, dan lomba yoga asanas putra putri. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*