Senin, 15 Juli 2019

Jokowi Reshuffle 6 Menteri, Putra Sulut Jabat Menteri Perdagangan

reshuffle kabinet

Reshuffle Kabinet Jokowi (ist)

JAKARTA, (manadoterkini.com) – Presiden Jokowi akhirnya melantik menteri-menteri baru hasil reshuffle Kabinet Kerja. 6 Menteri baru dilantik di Istana Negara.

Pelantikan dimulai pukul 13.25 WIB atau 14.25 WITA di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (12/8). Berjejer dari kanan ke kiri, Darmin Nasution yang menjabat Menko Perekonomian, Rizal Ramli yang menjabat Menko Kemaritiman, Pramono Anung yang menjadi Seskab, Sofyan Djalil yang menjadi Kepala Bappenas, Luhut Binsar Pandjaitan yang menjadi Menko Polhukam, Thomas Lembong yang menjadi Menteri Perdagangan.

Mereka semua mengenakan jas hitam dan kopiah warna senada. Sebelum pelantikan, Luhut menghampiri dan memeluk hangat Darmin sambil tertawa. Calon-calon menteri lain lalu merapat, kemudian mereka berenam berpose bersama di depan awak media. Jepret! Beberapa foto diambil, kemudian mereka berbaris kembali ke pose semula.

Acara pelantikan dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Kemudian, acara pelantikan pun dimulai dengan pembacaan Keppres pemberhentian 6 menteri, yaitu:Tedjo Edhy dari posisi Menko Polhukam, Sofyan Djalil dari posisi Menko Perekonomian, Andrinof Chaniago dari posisi Kepala Bappenas, Rachmat Gobel dari posisi Menteri Perdagangan, dan Indroyono Soesilo dari posisi Menko Maritim.

Kemudian diumumkan pemberhentian Andi Widjajanto dari posisi Sekretaris Kabinet. Setelah pembacaan Keppres pemberhentian, lalu dibacakan Keppres pengangkatan untuk 6 menteri baru, yang bunyinya mengangkat: Darmin Nasution menjadi Menko Perekonomian, Rizal Ramli menjadi Menko Kemaritiman, Pramono Anung menjadi Seskab, Sofyan Djalil menjadi Kepala Bappenas, Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Menko Polhukam, dan Thomas Lembong menjadi Mendag.

Lalu keenam menteri diambil sumpahnya oleh Presiden Jokowi. (dtc/chris)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*