Selasa, 16 Juli 2019

Besok, Bupati Minsel Terima Penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden RI di Istana Negara

AMURANG, (manadoterkini.com)-Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE mengaku terharu dan bersyukur dirinya akan menerima penghargaan Bintang Jasa Utama yang rencananya diserahkan Presiden RI Ir Joko Widodo pada Kamis (13/8) besok, sekitar pukul 10.00 WIB di Istana Negara Jakarta.

“Saya sangat terharu dan mengucapkan rasa syukur yang tidak terhingga karena akan mendapatkan penghargaan begitu terhormat dari negara tercinta ini, berupa Bintang Jasa Utama. Kita tahu, ini merupakan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama adalah penghargaan yang diberikan atas jasa-jasa luar biasa dalam suatu bidang tertentu di luar bidang militer. Sedang Tanda Kehormatan Bintang Jasa merupakan bintang sipil yang derajatnya setingkat di bawah Bintang Mahaputera, terbagi atas Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama, Tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama, dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Nararya,” ujar Tetty sapaan akrab bupati Minsel ini kepada manadoterkini.com.

Hal senada disampaikan Kabag Humas Pemkab Minsel Frangky Mamangkey SIP. Dia menjelaskan, tanda kehormatan adalah penghargaan negara yang diberikan Presiden RI kepada seseorang, kesatuan, institusi pemerintah, atau organisasi atas darmabakti dan kesetiaan yang luar biasa terhadap bangsa dan negara.

Dasar hukumnya, dikatakannya, tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. “Penghargaan ini tidak akan diberikan terhadap seseorang yang memiliki kasus hukum dan mereka yang melakukan penghianatan pada negara,” pungkasnya.

Mantan Kabag Ortal Minsel ini menambahkan, perjalanan dan pengabdian bupati selama ini ternyata bagi negara dinilai patut untuk mendapat penghargaan Bintang Jasa Utama ini. “Penghargaan yang diberikan negara ini menambah beban supaya bekerja lebih baik lagi bagi kepentingan masyarakat di masa yang akan datang. Dan, ini juga merupakan anugerah dari Tuhan, anugerah dari negara, anugerah dari rakyat, dan menjadi beban serta amanah yang dititipkan kepada ibu bupati agar terus bekerja sebaik-baiknya untuk bangsa dan negara,” tuturnya.

Sembari mengatakan kalau Bupati Minsel adalah Bupati satu-satunya dari Sulawesi Utara (Sulut) yang mendapatkan penghargaan tersebut.(dav)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*