Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Menteri KKP Susi Puji Astuti: Kondisi Terumbu Karang di Indonesia Rusak 40 %

×

Menteri KKP Susi Puji Astuti: Kondisi Terumbu Karang di Indonesia Rusak 40 %

Sebarkan artikel ini

SULUT, (manadoterkini.com) – Kondisi terumbu karang di Indonesia sangat memprihatinkan. Dalam seminar penyelamatan terumbu karang yang digelar Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Korps Marinir pada (6/8) lalu di Graha Marinir di Jakarta, Menteri Kelautan dan Perikanan Puji Astuti menjelaskan kondisi terumbu karang di Indonesia 40 % rusak.

“Kerusakan terumbu karang 40 %, sehingga mengancam pasokan sumber protein hewani bagi pangan umat manusia, kerusakan tiap tahun mencapai 5 %,” ujar Puji Astuti.

Berdasarkan hasil studi yang dirilis oleh Coremap pada 2000 silam, bahwa 39,76 % diantaranya berada dalam kondisi rusak berat dan 31,46 % dalam rusak sedang, 22,68 % dalam kondisi bagus dan sisanya 6,1 % dalam kondisi bagus.

Melihat kondisi terumbu karang di Indonesia saat ini, Komandan Korps Marinir TNI AL Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana, SE mencanangkan program “Safe Our Littoral Life” (SOLL).

Kegiatan ini merupakan wujud penjabaran pengabdian Korps Marinir TNI AL mendukung kebijakan pemerintah untuk menjadikan Indonesia poros maritim dunia. Selain itu sebagai bentuk pelaksanaan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) TNI.

Saat ini Korps Marinir bersama komponen bangsa lainnya terus mengkampanyekan pentingya langkah memelihara terumbu karang Indonesia dan mendidik masyarakat untuk menganut pola pikir “Kembali Melihat Laut dan Tidak Membelakangi Laut”. (chris)