Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita Pilihan

Peringatan HUT Kemerdekaan RI, Ratusan Peserta Ikuti Pawai Taptu

×

Peringatan HUT Kemerdekaan RI, Ratusan Peserta Ikuti Pawai Taptu

Sebarkan artikel ini

Upacara Taptu di Polda Sulut

SULUT, (manadoterkini.com) – Bumi Nyiur Melambai, Sulawesi Utara, memiliki tradisi khas tahunan dalam menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Tradisi yang telah dilakukan selama bertahun-tahun ini dikenal dengan istilah pawai “Taptu”, yaitu berjalan kaki dengan membawa alat penerangan obor. Seperti halnya yang dilaksanakan di lapangan upacara Mapolda Sulut, Minggu (16/8) tadi malam.

Dimana ratusan peserta yang terdiri dari personel TNI, Polri, PNS, Sat Pol PP, Pelajar, Gerakan Pramuka, Satpam dan peserta lainnya mengikuti pawai yang dilaksanakan setiap tanggal 16 Agustus tersebut. Hadir pada kegiatan ini, Forkopimda Sulut, diantaranya Gubernur Sulut dan Wakil Gubernur, Ketua Pengadilan Tinggi, Danrem 131/Santiago, Danlanudsri, Pejabat TNI dan Pejabat Utama Polda Sulut serta tamu undangan lainnya.

Pemasangan obor

Pawai menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-70 ini diawali dengan pemasangan api obor secara simbolis oleh Kapolda Sulut, Brigjen Pol Drs. Wilmar Marpaung, S.H, selaku Inspektur Upacara, kepada perwakilan peserta. Setelah api obor para peserta seluruhnya menyala, dilakukan pelepasan pawai oleh Kapolda Sulut bersama seluruh Forkopimda yang hadir.

Rute yang dilalui oleh para peserta yaitu start dari Mapolda Sulut belok kiri-masuk Jalan Sam Ratulangi-sampai di Zero Point belok kiri dan finish di Kawasan Marina Plaza, Manado.

Pawai Taptu

Selain untuk menanamkan rasa cinta kepada tanah air, pawai ini juga bertujuan untuk mengenang kembali perjuangan para Pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, khususnya di daerah Sulawesi Utara. Dirgahayu Republik Indonesia ke 70, Sekali Merdeka Tetap Merdeka….!!