Selasa, 16 Juli 2019

DKP Minsel Siap Berdayakan Nelayan Lokal

Roy Mandey

Royke Mandey SH

AMURANG, (manadoterkini.com) – Berbicara soal keterampilan maupun ketahanan saat melaut harus diakui nelayan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) masih kalah bersaing dengan daerah luar. Menyadari hal tersebut, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Minsel tergerak meningkatkan kualitas nelayan lokal.

“Memang harus diakui nelayan Minsel masih kalah bersaing dengan nelayan di luar daerah. Ini jadi tantangan kita, terutama dalam memajukan sektor kelautan dan perikanan yang kita miliki. Untuk itulah kami menyiapkan program tertentu yang bertujuan memacu kapasitas dan kemampuan para nelayan,” ujar Kepala DKP Minsel Royke Mandey SH kepada manadoterkini.com.

Adapun program tertentu yang dimaksud, yakni pelatihan atau pendidikan keterampilan rutin. Agenda itu, kata Mandey, diyakini bisa membekali para nelayan dengan berbagai trik maupun strategi saat melaut.

“Tentunya dengan menggunakan teknologi yang sudah berkembang saat ini. Tapi disamping itu, pemberian bantuan sarana penunjang yang tepat juga harus terus dilakukan,” ujarnya.

Lanjut Dia menyebut program seperti ini sejatinya sudah ada sejak lama. Akan tetapi diakui dia, pelaksanaannya belum terlalu intensif dan mendalam, sehingga para nelayan belum memperoleh manfaatnya. Untuk itu, berkaitan dengan fokus Pemkab Minsel dalam meningkatkan kualitas sektor kelautan dan perikanan, maka program-program seperti ini tengah digenjot.

“Ini juga bentuk dari komitmen kami dalam memberdayakan kemampuan nelayan yang ada. Sehingga pada gilirannya, kesejahteraan para nelayan meningkat dan berimbas pada perekonomian daerah,” tutupnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*