Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Terkait Laporan Keuangan dan Aset, Pemkot Manado Kembali Bekali Aparatur

×

Terkait Laporan Keuangan dan Aset, Pemkot Manado Kembali Bekali Aparatur

Sebarkan artikel ini

Pemkot ManadoMANADO, (manadoterkini.com) – Pemkot Manado tak henti-hentinya membekali aparatur dengan menggelar bimbingan teknik (Bimtek) pengelolaan keuangan dan asset. Pasalnya, salah satu penghambat daerah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI paling banyak ditemui dalam pengelolaan keuangan dan asset.

Makanya Walikota Manado, GS Vicky Lumentut tak henti-henti membekali aparaturnya menggelar pelatihan laporan keuangan dan asset.

Seperti yang digelar Badan Pengelolaan Keuangan Barang Milik Daerah, Rabu (19/8). Sedikitnya 414 pegawai dibekali melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Barang Milik Daerah (Implementasi Aplikasi SIMDA Barang Milik Daerah) Pemerintah Kota Manado.

Pemkot Manado

Bimtek yang berlangsung di Aula Serbaguna Kantor Wali Kota yang dibuka secara resmi Sekretaris Daerah Kota Manado, M.H.F Sendoh selama tiga hari, berakhir tanggal 21 Agustus 2015 dalam rangka mewujudkan sistem dan pengelolaan keuangan yang transparan, akuntabel serta professional.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Barang Milik Daerah Kota Manado, Drs Manarsar Panjaitan, M.Si, mengatakan tujuan pelaksanaan Bimtek ini diantaranya meningkatkan pemahaman pegawai tentang standar akuntansi pemerintahan.

“Termasuk memahami implementasi pelaksanaan barang milik daerah di masing-masing SKPD, keseragaman barang dan jasa milik daerah, dan peningkatan pemahaman tentang basis aktual tentang asetn daerah,” ujar Manarsar.

Sementara Wali Kota seperti disampaikan Sekda Sendoh, mengingatkan kegiatan Bimtek ini wujud dari pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik. Pemerintah daerah konsisten melakukan perbaikan serta penguatan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan, yang kemudian dapat dijalankan dengan penuh kesadaran yang tinggi.

”Saudara-sudara sekalian merupakan pengelola dan pengguna barang milik daerah di setiap SKPD, sehingga perlu tugas ini dijalankan dengan pengetahuan dan profesionalitas yang baik agar kerja birokrasi dijalankan dengan baik,’’ pesannya.

Tata kelola keuangan yang baik harus djalankan SKPD dan tantangan yang hadapi semakin berat. Semua dihadapi dengan bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja cepat secara akuntabel.

“Ini juga bagian dari komitmen kita untuk melakukan kemajuan dan pembaharuan dalam memajukan pelayanan yang baik bagi masyarakat,” ujar GSVL sapaan akrab Walikota.

Bimtek tersebut dihadiri para Staf Ahli Wali Kota, Kepala Dinas, Kepala Badan, Camat, Lurah seluruh Kota Manado, dan instansi pengguna anggaran diatas 100 juta rupiah. Kegiatan Bimtek Pengelolaan BMD ini juga dirangkaikan sekaligus dengan kegiatan Pemantapan Pra-pengisian Laporan Hasil Kekayaan Milik Daerah.(ald)