Selasa, 17 September 2019

Kemarau Panjang, Tomohon Siaga Kekeringan

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Fenomena musim kemarau tahun ini perlu mendapat perhatian pemerintah mengantisipasi dampak terhadap masyarakat. Pasalnya, musim kemarau panjang yang diprediksi hingga beberapa bulan kedepan di Sulut, termasuk Kota Tomohon kian menghawatirkan.

Untuk itu, kampanye siaga kekeringan perlu disosialisasikan agar menghindari kebakaran hutan dan gagal panen serta produksi air bersih.

Bahkan untuk produksi air bersih yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) debit air mulai berkurang. Seperti yang terjadi di mata air salak Tomohon Utara dari pantauan manadoterkini.com, produksi air tersisa lima liter /detik yang sebelumnya 15 liter/detik.

Begitupun di mata air Sineleyan Tomohon Tengah, Timur, Barat dan Selatan dari sekira 60 liter/detik berkurang menjadi 50 liter/detik. Sedangkan mata air yang berada di pinawelan tinoor debit air yan semula 20 liter/detik menjadi 10 liter/detik.

Direktur Utama (Dirut) PDAM kota Tomohon Noldy Montolalu, SE mengatakan langkah antisipasi pemerintah adalah melalui mobil tangki perkelurahan sesuai jadwal.

“Pelayanan kepada masyarakat tetap prioritas. Kami berharap partisipasi masyarakat mengatur penggunaan air secara efisien,” jelas Montolalu.(efd)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*