Senin, 23 September 2019

Kemarau Panjang, Sumber Air PDAM Tomohon Turun 40 Persen

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Fenomena alam tak seperti biasanya yakni musim kemarau panjang berdampak pada pendistribusian air PDAM Kota Tomohon. Dimana produksinya menurun cukup drastis sekitar 40 persen.

Dari empat sumber mata air yang ada, penurunan debit air yang terbesar terjadi mata air sasalak yang melayani pelanggan di sebagian besar Kecamatan Tomohon Utara.

Dengan produksi tersisa lima liter per detik yang semula sekitar 15 liter per detik. Sedangkan untuk mata air lainnya terjadi penurunan sebagai berikut : Mata air sineleyan yang melayani Tomohon Tengah,Timur, Barat dan sebagian Selatan dari 60 liter per detik menjadi 50 liter/detik, Mata air Mahlimbukar yang melayani Tomohon Utara dan Tomohon Selatan dari 40 liter/detik menjadi 15 liter per detik dan mata air pinawelan yang melayani kelurahan Tinoor berkurang dari 20 liter/detik menjadi 10 liter/detik.

Kondisi tersebut membuat PDAM melakukan langkah-langkah yaitu penataan/penambahan supply air seperti di Tomohon Utara sebanyak 300 meter kubik / hari dengan mengambil sebagian air dari pipa transmisi Mahlimbukar, mengadakan penjadwalan distribusi pelayanan khususnya di Kelurahan Woloan dilayani pada setiap hari Senin, Selasa, Kamis, Jumat dan Sabtu.

Untuk Kelurahan Walian Dua dilayani pada hari Minggu dan Rabu. Begitu juga dengan pelayanan melalui mobil tangki yang saat ini sudah terjadwal di beberapa kelurahan seperti Uluindano pada hari Rabu dan Jumat, Kelurahan Woloan pada hari Senin dan Kamis, Kelurahan Kakaskasen sekitar parakletos pada hari Senin dan kelurahan Walian Dua, pada hari Selasa dan Sabtu.

“Pelayanan PDAM Kota Tomohon ini bukan terbatas pada masyarakat yang menjadi pelanggan PDAM saat ini tetapi kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon,” kata direktur PDAM Noldy Montolalu,SE.

Beliau juga mengatakan bahwa PDAM tetap melayani masyarakat yang saat ini belum menjadi pelnggan PDAM lebih khusus dalam hal permintaan air melalui mobil tanki dengan empat unit armada.  “Manajemen PDAM bersama Pemerintah Kota Tomohon berharap agar masyarakat dapat juga berpartisipasi secara aktif dengan mengatur penggunaan air seefisien mungkin, menyiapkan dan mengisi wadah penampungan pada saat air mengalir. Bahkan dapat menghubungi PDAM yang membutuhkan pelayanan melaui mobil tangki di nomor 085240299920 atas nama Rommy Pelleng SE,” pungkasnya.(efd)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*