Selasa, 17 September 2019

Isu Pergantian Pejabat di Pemkot Tomohon Kembali Bergulir

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat belakangan isu pergantian pejabat kembali bergulir di jajaran Pemkot Tomohon. Padahal disatu sisi Walikota Tomohon Jimmy Eman yang adalah petahana tidak serta merta melakukan pergantian sebagaimana amanat PKPU.

Meski begitu ternyata dalam PKPU hanya menyatakan petahana tidak bisa melakukan pergantian untuk kepentingan Pilkada. Ternyata dalam PKPU tersebut memiliki celah, sehingga petahana bisa saja melakukan penonaktifan kepada pejabat yang tidak lagi menjalankan tugas dengan baik.

“Ya, petahana memang tidak bisa melakukan pengantian, namun menonaktifkan bisa. Jadi BKD melalui surat tugas Sekretaris Daerah (Sekda) bisa menunjuk Sekretarisnya instansi tersebut sebagai pejabat mengendalikan pelayanan,”ungkap salahs satu PNS di BKD Pemkot Tomohon sembari meminta namanya tidak disebutkan.

Sekda Kota Tomohon, DR Arnold Poli SH MAP, terkait isu pergantian pejabat tersebut tak menapiknya. Mantan Asisten Setda Provinsi Sulut itu mengatakan hal itu bisa saja terjadi untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

“Jika nantinya dilaksanakan penunjukan pergantian pejabat Pelaksana Tugas (Plt) agar tentunya dapat memaksimalkan tugas yang diemban untuk mendukung program pemerintah,” jelas Poli.

Makanya, kedepan SDM pejabat menjadi salah satu pertimbangan penunjukan tugas pejabat. “Untuk memberikan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pejabat saat ini yakni penunjukan tugas terhadap sumberdaya manusia yang berkualitas. Saya harap semua berjalan dengan baik,”pungkasnya.(efd/ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*