Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Politik

Pangemanan: Pilkada Serentak di Sulut Rawan Politik Uang

×

Pangemanan: Pilkada Serentak di Sulut Rawan Politik Uang

Sebarkan artikel ini

Melky PangemananSULUT, (manadoterkini.com) – Pengamat Politik Sulut, Melky Pangemanan, S.IP, MAP, Pilkada serentak 2015 di Provinsi Sulawesi Utara dan beberapa Kabupaten/Kota yang ada di Sulut sangat rawan dengan praktek politik uang.

Oleh karena itu dibutuhkan peran aktif serta kerja keras dari penyelenggara Pilkada yakni KPU dan Panwas dalam mengantisipasi perilaku yang merusak demokrasi di daerah. “Penyelenggara diharapkan tetap menjaga netralitas dalam pilkada 9 Desember,”katanya.

Ditambahkan Pangemanan, masyarakat juga sebagai pemilih mesti cerdas dalam menentukan pilihan politik, jangan sekali-kali terpengaruh dengan pemberian hadiah atau uang karena harga diri seorang pemilih bukan hanya dihargai dengan 100 ribu atau 200 ribu.

“Saya sarankan juga bagi para calon kepala daerah untuk tidak melakukan praktek politik uang, biarlah bertarung dengan menjual program, visi dan misi bukan pici (memberi uang) dan ruci (melakukan kecurangan),” tandas Pangemanan yang adalah Direktur Eksekutif Sulut Political Institute (SPI).(alfa)