Selasa, 17 September 2019

Terkait Laporan E2L- David, Bawaslu Panggil KPU Sulut

foto bersama wartawanSULUT, (manadoterkini.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memanggil Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulut terkait laporan Tim Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Elly Lasut – David Bobihoe

Yang digugurkan KPU Sulut pada penetapan pasangan calon (25/8), KPU Sulut dicecar Bawaslu Sulut sekitar 3 jam di Kantor Bawaslu Sulut.

“Hari ini kami melakukan pemanggilan terhadap Terlapor yakni KPU Sulawesi Utara atas dugaan pelanggaran pihak pelapor pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Elly Lasut – David Bobihoe Akib,” ujar Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda.

Ia menuturkan pemanggilan terhadap KPU Sulut untuk sinkronkan dengan data pelapor yang diregistrasi (25/8) kemarin, dan melihat apakah ada dugaan pelanggaran dan nantinya akan dikaji terkait sengketa pemilihan.

“Proses ini akan kami jaga dan kawal selain itu dalam proses pemeriksaan ini kami ada kode etik sehingga kami tidak atau belum mempublikasikannya sampai ada hasil,” ujarnya.

Malonda juga menegaskan laporan-laporan yang masuk dengan item-item tersebut telah ditanyakan ke KPU dan akan dipelajari lebih dalam. “Bisa saja Pelapor dan Terlapor akan dipanggil lagi untuk dimintai keterangan,” tuturnya.

Menurutnya waktu proses ini selama 5 hari dimulai dari registrasi dan atau sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku, kalau ada unsru pidana, administratif atau kode etik.

“Pelaporan juga kami minta kepada pelapor untuk memberikan alat bukti begitu juga dengan Terlapor, Kami belum bisa pastikan ini masuk dalam kategori apa karena masih ada juga beberapa saksi yang akan kami panggil,” tutur Malonda.

Ia juga meminta publik untuk sabar karena laporan ini sementara diproses oleh Bawaslu Sulut. “Yang dilaporkan ini kan pelanggaran, kami akan cek apakah ada pelanggaran yang terjadi dalam proses ini dan hasilnya akan kami sampaikan kepada Pelapor dan masyarakat,” tutup Malonda. (chris)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*