Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Musim Haji 2015, Kakan Kemenag Manado Ingatkan Tata Urutan

×

Musim Haji 2015, Kakan Kemenag Manado Ingatkan Tata Urutan

Sebarkan artikel ini

MANADO, (manadoterkini.com) – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Manado H Lilik Hasmanah SAG MSi berujar, memasuki musim haji tahun 2015, pihaknya meminta jemaah calon haji memperhatikan beberapa hal agar proses ibadah haji dapat berjalan lancar. Dia mengatakan, calon jamaah memiliki kewajiban untuk memperlajari tata urutan ibadah haji dan menghapal doa-doa yang diperlukan.

“Ini bisa dilakukan melalui buku yang sudah distribusikan ke seluruh Indonesia. Untuk menghapal doa juga bisa lewat audio bagi yang tidak gaptek. Jadi upload doa tawaf dan syai dan dengarkan,” ujar Lilik dalam pelepasan calon jemaah haji Manado tahun 2015.

Selain itu, calon jamaah haji diminta untuk memperhatikan kondisi kesehatan fisik dengan melakukan konsultasi dengan petugas kesehatan. Ini dikarenakan proses ibadah haji menuntut kesehatan fisik. Khususnya untuk risiko tinggi (risti) dan lanjut usia (lansia). Calon jamaah diminta juga untuk mempersiapkan air saat melakukan ibadah karena suhu di Arab Saudi.

“Saya ingatkan kepada jemaah haji soal soal cuaca. Dimana khususnya untuk saat ini di Arab Saudi, cuaca siang hari suhu panas 45 derajat celcius dan malam hari 38 derajat celcius. Karena itu kita siapkan mental dan kesebaran kita. Kemudian kesehatan harus dijaga, kita tetap menjalankan ibadah puasa tanpa menggangu kesehatan,” ujarnya, seraya melanjutkan, calon jamaah harus untuk mengikuti proses bimbingan yang dilakukan petugas haji. Sehingga dapat memahami apa yang harus dilakukan di minah dan Arafah.(ald)