Sabtu, 20 Juli 2019

ADKASI Hasilkan 5 Rekomendasi Untuk Kementrian Dalam Negeri

Bolmut

Rahman Dontili

JAKARTA, (manadoterkini.com) – Kegiatan Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten se-Indonesia (ADKASI) yang dilaksankan tanggal 26-29 Agustus di Hotel Mercure Jakarta berlangsung sukses. Dengan mengambil Tema “Mempertegas Eksistensi DPRD Sebagai Salah Satu Unsur Penyelengara Pemerintahan Daerah Yang Sejajar Dengan Kepala Daerah”, dihadiri 17.600 anggota DPRD Kabupaten seluruh Indonesia.

Dimana 5 rekomendasi kepada Kementerian Dalam Negari tersebut diantaranya 1) Segera mengesahkan PP pendukung UU no.23 Tahun 2014 yang terkait dengan kedudukan Protokoler dan Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Sebagai pejabat daerah, 2) Gaji DPRD harus diatur tersendiri dan tidak mengikuti besaran gaji Bupati, 3) ADKASI akan mengajukan Yudisial Review terhdap UU No.2 Tahun 2015 berkaitan dengan Pimpinan dan Anggota DPRD yang mencalonkn diri sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah harus mengundurkan diri, 4) Merevisi PP No.3 Tahun 2007 tentang LKPJ untuk memberikan Kewenangan kepada DPRD untuk menerima dan menolak Pertanggungjawabn Pemerintah Daerah sehingga fungsi pengawasan bisa berjalan seimbang, 5) Memperkuat posisi dan kewenangan ADKASI sebagai wadah aspirasi seluruh Anggota DPRD Kabupaten seluruh Indonesia.

“Apabila Mendagri tidak menindaklanjuti dan tidak segera merealisasikan maka anggota ADKASI akan menghadap langsung kepada Presiden untuk memperjuangkn hak-hak kami,” ujar Ketua Komisi II DPRD Bolmut yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Bolmut Rahman Dontili kepada manadoterkini.com. Diketahui, acara tersebut dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (toar)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*